Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geevv - Search Engine Buatan Mahasiswi UI dengan Misi Sosial

Bicara mengenai inovasi anak negeri memang tidak ada habisnya. Namun yang membuat saya tertarik untuk mengulas Geevv adalah sistem mereka dimana jika kita mencari sebuah kata melalui situs pencarian Geevv kita ikut mendonasikan Rp.10,-  . Menarik bukan ?

Geevv dibuat oleh seorang mahasiswi Universita Indonesia bernama Azka A. Slimi (21). Setelah beberapa kali mengikuti seminar mengenai startup, ia melihat potensi yang sangat besar dari teknologi bernama mesin pencari.  Azka menganggap potensi dari mesin pencari yang dapat dikembangkan masih sedemikian luas dan ia ingin potensi tersebut dapat menyalurkan minatnya terhadap isu sosial.

Apa Itu Geevv?
Geevv adalah search engine berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia. Kami berkomitmen untuk mendonasikan 80% pendapatan iklan untuk program sosial dan 20% lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan dan situs Geevv.

Cara Kerjanya
  • Ketik kata kunci yang ingin dicari di Geevv.com
  • Geevv mendapatkan pendapatan dari iklan
  • Geevv memberikan 80% dari penghasilan iklan tersebut kepada Mitra Program Sosial

Azka menjelaskan bahwa Geevv bukanlah sekadar mesin pencari seperti Google. Secara teknis, ia akui cara kerjanya tak jauh berbeda seperti yang orang sering lihat dari Google. Namun secara prinsip, Azka menekankan bahwa startup yang ia buat adalah social search engine. 

Maksud dari istilah sosial yang ia imbuhkan merupakan cerminan tujuan utama yang ingin dicapai dari sebuah mesin pencari. Dengan kata lain, mayoritas keuntungan yang dihasilkan dari Geevv akan disalurkan ke sejumlah program sosial seputar kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan.

Tiap satu pencarian yang berhasil dilakukan melalui situs Geevv.com, pengguna menghasilkan Rp10 di saldo donasi mereka. Angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat. Sederhananya, makin sering digunakan, berlipat pula donasi yang dihasilkan.

Untuk saat ini Geevv masih memanfaatkan API milik Search Engine Bing sebagai hasil pencarian sehingga apa yang kalian cari lewat geevv.com akan menampilakn hasil pencarian dari bing.com .
Namun karena Startup ini juga masih terus berkembang tidak menutup kemungkinan kedepannya mereka akan menggunakan database sendiri untuk hasil pencariannya.
Yah, saya pikir patut diapresiasi apa yang telah dilakukan oleh teman teman kita dari UI tersebut, mengingat konsep luarbiasa mereka dimana kita bisa beramal hanya dengan menggunakan search engine geevv.com .
Referensi :
http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161031115044-185-169044/geevv-mesin-pencari-dengan-misi-sosial-buatan-mahasiswi-ui/

9 komentar untuk "Geevv - Search Engine Buatan Mahasiswi UI dengan Misi Sosial"

Anonim 5 Desember 2016 pukul 11.20 Hapus Komentar
mantabb artikelnya dibawah situs official
Problem Child 13 Desember 2016 pukul 19.37 Hapus Komentar
haha
Haryono 15 Desember 2016 pukul 17.43 Hapus Komentar
Mantap juga nih kawan-kawan dari UI :D semangat semoga visi misinya tercapai
BAGUS INTEGRASI MANDIRI (Open ERP) 21 Desember 2016 pukul 16.33 Hapus Komentar
good job kawan
Unknown 22 Desember 2016 pukul 18.03 Hapus Komentar
Semoga WNI All beralih ke GEEVV
Tolong sebarkan
Unknown 2 Januari 2017 pukul 13.44 Hapus Komentar
BRAVO!MAJU TERUS ANAK BANGSA
Anonim 4 Januari 2017 pukul 20.47 Hapus Komentar
Bravo anak muda Indonesia
Bambang Prayanto Eka Putra 21 Januari 2018 pukul 23.17 Hapus Komentar
Good job bro
Maju trus
Kalahkn google
Bambang Prayanto Eka Putra 21 Januari 2018 pukul 23.18 Hapus Komentar
Good job bro
Maju trus
Kalahkn google