Disable WP-Cron Untuk Meningkatkan Performa WordPress

Jumat, 26 Mei 2017

Kali ini saya akan membahas seputar optimasi WordPress. Yup, seperti judulnya, kali ini kita membahas mengenai cara menonaktifkan wp-cron. Sekedar informasi, wp-cron adalah cronjob bawaan WordPress. Karena fungsinya sebagai ronjob maka file ini digunakan untuk penjadwalan misalnya postingan terjadwal dan lain lain. Lantas kenapa harus dimatikan ?

WordPress
File bawaan wordpress bernama wp-cron.php ini default nya akan dieksekusi atau diload setiap kali visitor web kita membuka halaman. Tentunya hal ini akan memberatkan kinerja server. Dan tentu sangat terasa apabila kamu menggunakan server dengan spesifikasi yang rendah.

Daripada memberatkan server alangkah baiknya kita disable wp-cron.php ini dan kita jalankan secara manual per sekian menit. Sebagai contoh kali ini saya akan menjalankan wp-cron.php per 20menit sekali.

Pertama, kalian disable wp-cron terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kalian masukkan kode berikut ke wp-config.php
define('DISABLE_WP_CRON', 'true');
Selanjutnya, kita atur cronjob di vps agar mengeksekusi file wp-cron.php .
crontab -e
Lalu masukkan baris berikut :
*/20 * * * * php -f /var/www/wordpress/wp-cron.php > /dev/null
Kalian sesuaikan sendiri lokasi wp-cron.php di webserver kalian.
Perintah ini akan mengeksekusi wp-cron.php per duapuluh menit di background sehingga tidak akan menganggu aktifitas server ataupun mempengaruhi performa. Untuk membuktikannya kalian bisa melihat perbedaan pemakaian memori sesudah dan sebelum mematikan cronjob. Di saya sendiri lumayan membantu karena pemakaian berkurang 80MB an.

Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas silahkan komentar.

Artikel Terkait Server ,Tips ,WordPress