Daftar Layanan Online Gratis Untuk Memantau Status Uptime Server

Wednesday, May 24, 2017

Daftar Layanan Online Gratis Untuk Memantau Status Uptime Server - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa situs yang menyediakan layanan gratis untuk memantau status servermu. beberapa diantaranya ada yang mengirim notice ke email atau sms sehingga kalian akan tau lebih cepat saat terjadi gangguan atau error di servermu.
Website yang tiba tiba down atau tidak dapat diakses disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena database overload, di DDOS , atau error dari provider hosting/server mu. Untuk alasan terakhir tentu kita juga harus pintar pintar memilih provider hosting yang memiliki reputasi bagus.

Yang jelas, sudah sewajarnya kita sysadmin mengetahui dengan segera jika terjadi down pada server yang kita kelola. Nah dibawah ini adalah beberapa situs yang menyediakan layanan monitor uptime server secara gratis.

Mungkin alasan menaruh Uptime Robot di urutan pertama adalah karena situs ini selain gratis juga menyediakan fitur yang lumayan. Menyediakan sampai 50 situs yang bisa dimonitor, dengan interval check status per lima menit. 
Uptime Robot
Pemberitahuan saat terjadi down pada server ada beberapa opsi antaralain melalui SMS, telefon, dan juga Email. Lebih menariknya, Uptime Robot menyediakan public uptime status yang bisa menggunakan custom domain. Contohnya status.linuxsec.org .

SiteUptime

Yang kedua adalah siteuptime. Hampir sama seperti Uptime Robot, SiteUptime juga menyediakan pubic static page. bedanya, jika kalian memilih free plan kalian hanya dapat memonitori satu situs, namun disini monitoring dilakukan dari delapan lokasi berbeda.Pemberitahuan dilakukan via email dan interval check nya per 30 menit.

Insping

Yang selanjutnya adalah Insping. Di free plan kalian mendapatkan dua slot url monitor dengan interval check per 5 menit. Monitoring mencakup
  • Website Monitoring
  • Web Socket Monitoring
  • TCP Port(TCP/IP) Monitoring
  • UDP Port(UDP/IP) Monitoring
  • DNS Monitoring
  • Ping(ICMP) Monitoring

Pemberitahuan ketika website down atau error pun bisa didapat melalui SMS. 

Binary Canary
Binary Canary free plan memungkinkan kamu memonitori website dengan interval check per 15 menit. Kamu dapat memonitori trafik HTTP, HTTPS, FTP, SMTP, POP3, dll.

Basic State

Terakhir adalah Basic State. Dengan free plan di Basic State kalian akan mendapatkan monitoring dengan interval check per 15 menit, dan pemberitahuan melalui email atau SMS. Jumlah situs yang dapat dimonitor tak terbatas.

Baiklah sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan silahkan komentar.

Artikel Terkait Server ,Utilities

No comments:

Post a Comment