Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time di WordPress

Wednesday, May 24, 2017

Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time di WordPress - Kali ini saya akan membagikan artikel tentang bagaimana cara menampilkan jumlah queries pada CMS WordPress. Barangkali diantara kalian ada yang pernah mengunjungi situs ber-cms WordPress yang menampilkan jumpah queries di footernya dan penasaran bagaimana cara menampilkan Number of Queries seperti itu.
PHP MySQL WordPress
Contohnya adalah saat kalian mengunjungi zonawibu.net atau nekopoi.fun, di footer akan ada notice Number of Queries yang terlihat seperti "123 queries in 0,471 seconds" .

Tujuan menmpilkan Number of Queries dan Page Load Time sendiri adalah untuk memberi informasi tentang berapa kali blog tersebut mengakses database nya. Semakin sedikit jumlah permintaan ke database maka semakin ringan blog tersebut. Number of queries dan waktu yang dibutuhkan juga berpengaruh bagi optimasi SEO, terutama SEO On Page. Hal ini dikarenakan query tersebut bisa dikatakan sebagai bagian dari cms wordpress itu sendiri.

Jadi jika blog kamu menampilkan number of queries serta page load time nya yang rendah itu bukan menunjukkan blog mu ringan atau kecepatan load nya sesuai dengan hasil berapa detik queries diload. Itu hanyalah waktu yang dibutuhkan oleh PHP untuk mengaksees databasenya.

Nah bagaimana cara menampilkannya ?
Caranya gampang banget, kalian masukkan kode berikut ke bagian footer atau terserh dimana kalian ingin menampilkan number of queries nya.
<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds

Contohnya seperti ini:

Bagaimana ? Mudah bukan ? Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait MySQL ,PHP ,WordPress

No comments:

Post a Comment