Tutorial Membuat Artikel di Blog Jekyll

Thursday, May 25, 2017

Masih seputar GitHub, setelah sebelumnya ita sudah membahas mengenai Tutorial Install Jekyll dan Perintah Dasar Git Yang Sering Digunakan, kali ini kita membahas bagaimana cara membuat artikel di Jekyll. Karena berbeda dari kebanyakan cms untuk blogging, mungkin bagi yang belum pernah menggunakan Jekyll akan kebingungan.

Sebelumnya, kenapa sih memilih Jekyll untuk blog ?
Gratis
Yup, kalian tinggal membuat register ke github, buat halaman statis dengan free repository, install Jekyll di local, kemudian upload jekyll ke repository GitHub mu. Atau jika kamu ingin menggunakannya vps misalnya, tinggal deploy jekyll di vps mu.

Full Custom
Kustomisasi tampilan di Jekyll sangat memungkinkan. Atau jika kamu masih bingung dengan kode kode di Jekyll kamu bisa cari cari referensi tema keren untuk blog jekyll mu. Banyak yang dishare gratis karena pada dasarnya jekyll sendiri open source.

It's cool
Yang terakhir ini mungkin pendapat pribadi saya. Ketika kalian memiliki blog dengan cms Jekyll, rasanya seperti "lebih keren". Yup, karena proses yang sedikit lebih rumit daripada menggunakan blogspot dimana tinggal register, dan posting, biasanya pengguna jekyll akan dilihat lebih professional. "wih keren nih pake jekyll, pasti programmer", dll. Komentar seperti itu pernah saya alami sendiri.

Oke lanjut ke topik pembahasan. Gimana sih cara buat postingan di jekyll.
Karena ini tutorial lanjutan, saya anggap kalian sudah memiliki jekyll di local yang sudah terhubung ke repository github.
Jika belum, kalian bisa baca disini :
Artikel pada jekyll disimpan pada direktori _post. jadi buat yang sudah install jekyll sudah pasti ada direktori tersebut.
Nah jika ingin membuat artikel, buat file markdown di folder itu dengan format :
tahun-bulan-tanggal-urlpost.md
Sebagai contoh saya membuat artikel dengan format
2017-05-25-tutorialpost.md
Nah format isi file nya gimana ?
---
layout: post
title: Judul Postingan
category: kategori postingan
tags: [tag post]
fullview: false/true
description : deskripsi postingan
---
isi postingan dengan format html atau markdown
Saya jelaskan sedikit, jadi untuk tags adalah tag postingan. Gampangnya seperti fungsi tag di WordPress. fullview ini bernilai true dan false. Jika true, maka seluruh isi postingan akan ditampilkan di halaman depan, jika false maka isi postingan akan dipoting. Mirip fungsi readmore di blogger. Description merupakan deskripsi postingan. Ini yang akan muncul di meta deskripsi jekyll dan halaman depan situsmu. Jika tidak ada, maka yang akan ditampilkan adalah adalah kalimat pada paragraf pertama.

untuk isi postingan kalian bisa meggunakan format HTML atau markdown. Di Post sebelumnya saya pernah share Remarkable. Yup aplikasi gratis yang memudahkan kita untuk membuat markdown. Kalian bisa menggunakan itu untuk membuat postingan di Jekyll.

---
layout: post
title: Membuat Artikel di Jekyll
tags: [basic]
fullview: false
category : tutorial
description : ini adalah demo dari tutorial yang ada di linuxsec.org
comments: true
---
<p style="text-align:justify;">Ini adalah contoh postingan di jekyll dengan align justify atau rata kanan kiri yang dibuat dengan remarkable. Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar.</p>
Ini adalah contoh format menampilkan gambar dalam markdown :
![Azunyan](https://3.bp.blogspot.com/-jFUYJlcFR4s/WDZALylcM9I/AAAAAAAAAC4/e-JJokwZzDcVZWDVfIYEdjmAORkZwZZQACLcB/s640/azusa.jpg)
Ini adalah contoh format tulisan tebal.
**Makan Bang**

Di sreenshot diatas ada comments: true karena saya sudah mengaktifkan komentar disquss di jekyll. Untuk cara pemasangannya saya share di artikel mengenai jekyll selanjutnya. Karena di postingan ini kita fokus bagaimana cara membuat artikel di jekyll. Yang perlu diingat, karena markdown sendiri belum support untuk format align seperti teks rata kanan kiri, kalian bisa menyisipkan kode html di dalamnya. Saya rasa itu bukan masalah karena masih berupa html dasar.

Oke artikel dengan judul Membuat Artikel di Jekyll dengan nama markdown 2017-05-25-tutorialpost.md sudah dibuat. Bagaimana cara "mengirim" ke github?
Simak langkah berikut :
git add 2017-05-25-tutorialpost.md
git commit -m "menambahkan artikel baru"
git push origin master
Semua sudah oke, seharusnya artikel baru kalian sudah ditampilkan di blog.
Jika terdapat error, cek lagi apakah langkah langkah diatas sudah benar. Atau silahkan komentar nanti saya bantu.

Berikut adalah tampilan artikel di halaman depan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, karena kita mengatur deskripsi postingan maka yang tampil adalah deskripsi nya.

Tampilan artikelnya :

Eh salah upload bang. Maaf :'v . Yang bener tampilannya seperti ini :
Link demo nya :

Bagaimana ? Tertarik mencoba jekyll? Baiklah sekian tutorial kali ini, jika ada yang masih bingung silahkan tanya tanya saja nanti kalo bisa saya bantu, kalo gak bisa ya kita cari bareng bareng karena saya juga masih belajar.

Artikel Terkait Blogging ,GitHub ,Jekyll

2 comments: