Cara Menghapus Bidang URL dari Form Komentar WordPress

Friday, February 23, 2018

Cara Menghapus Bidang URL dari Form Komentar WordPress – Kali ini saya akan menulis tutorial bagaimana cara menghapus bidang URL di form komentar WordPress.

Kenapa Kita Harus Menghapus Bidang URL dari Form Komentar WordPress?


Secara default, kolom komentar WordPress disediakan bidang Nama dan Email yang wajib diisi, dan satu lagi bidang opsional yaitu URL atau website. Nah, buruknya, kadang form komentar yang menyediakan bidang URL menjadi sasaran komentar spam. Entah itu spam dari web judi bola, web bokep dan web gak jelas lainnya. Ya benar, kita bisa saja menggunakan plugins semacam akismet untuk mencegah komentar komentar tersebut. Namun bukankah lebih baik langsung kita hilangkan saja kolom opsional tersebut. Toh pembaca blog kita hanya perlu meng-input-kan nama dan email untuk berkomentar.

Cara Menghapus Bidang URL dari Form Komentar WordPress Tanpa Plugins

Yang akan saya tulis disini adalah tutorial menghapus bidang URL tanpa plugins tambahan. Alasannya karena caranya cukup mudah sehingga daripada menggunakan plugins tambahan lebih baik langsung kita edit saja fungsi di theme nya.

Pertama, kalian buka file functions.php di direktori theme aktif kalian (pasti ada file ini karena function.php merupakan file core).

Lalu tambahkan kode berikut di paling bawah :
function zafkiel_disablecommenturl($fields) {
    unset($fields['url']);
    return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields','zafkiel_disablecommenturl');
Lihat gambar berikut kalau kurang jelas :

Setelah itu simpan . Selanjutnya cek apakah bidang URL masih muncul.

Mudah bukan? Sekian tutorial sederhana kali ini. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait WordPress

No comments:

Post a Comment