Cara Mudah Membuat Blog dengan WordPress

Friday, February 23, 2018

Cara Mudah Membuat Blog dengan WordPress - Selain Blogspot, platform blogging yang cukup digemari adalah WordPress. WordPress yang dimaksud adalah WordPress.org. Nah disini saya akan sharing bagaimana cara membuat blog WordPress. 
Yang perlu kalian tau, WordPress sendiri ada dua jenis yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.org harus diinstall di hosting milik kita sendiri. Kelebihannya, kita lebih leluasa untuk melalukan kustomisasi dan optimasi. Dan lagi, menggunakan WordPress self-hosted terkesan lebih profesional daripada menggunakan wordpress.com atau blogspot.

Oke langsung saja ke tutorial membuat blog di WordPress. Disini saya menggunakan hosting dari Hostinger. Untuk pengguna hosting lain bisa menyesuaikan karena hampir sama.

Persiapan

Yang perlu kalian persiapkan sebelum membuat blog di WordPress Self-Hosted adalah:
  1. Domain
  2. Hosting/VPS

Install WordPress di Hosting

Cara install WordPress di hosting gampang banget karena rata-rata cPanel sudah menyediakan auto installer. Di Hostinger sendiri fitur tersebut juga sudah ada.

Selanjutnya tulis di kolom pencarian untuk mencari software WordPress.

Selanjutnya tinggal isi kolom yang ada dengan data yang sesuai seperti akun admin WordPress, nama situs, url situs dan lainnya.

Bagaimana jika menggunakan vps?
Kita buat dulu database dan juga usernamenya. Perintahnya bisa kalian baca di tutorial berikut:

Selanjutnya tinggal masuk ke direktori root webservernya dan jalankan perintah
wget https://wordpress.org/latest.zip && unzip latest.zip && mv wordpress/* . && rm -R wordpress/

Selanjutnya tinggal buka url domain yang sudah diatur di vps nya dan lakukan konfigurasi sesuai petunjuk yang ada.

Sampai disini, proses instalasi WordPress sudah selesai. Selanjutnya kita bisa login di halaman admin wordpress dengan mengakses domain.com/wp-login.php dan masuk menggunakan username serta password yang sudah diatur sebelumnya.

Konfigurasi Dasar

Setelah situsmu online, mungkin kalian ingin melakukan konfigurasi dasar seperti mengubah nama situs dan menambahkan tagline. Hal itu bisa dilakukan dengan masuk ke Setting > General. Saran saya, pikirkan baik baik nama situs dan juga tagline nya dan buat semenarik mungkin.

Langkah selanjutnya, atur bahasa dan timezone di blog baru mu. Jika Kalian bisa mengubah ke bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, atau bahasa lain. Penting juga untuk memperhattikan timezone karena itu yang akan muncul di waktu postingan.

Setelah itu, klik Save Changes. Buka Settings > Discussion untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar, atau mengatur pembahasan terhadap kata kunci tertentu.

Selanjutnya adalah setting permalink. Nah biasanya di grup blogger sering nih saya liat yang nanya bisa gak sih format url di blogspot diganti. Tentu saja gak bisa. Tapi kalau di WordPress bisa. Dan opsinya pun banyak. Buka Settings > Permalinks dan pilih struktur permalink yang ingin kalian gunakan.

Nah mungkin itu saja untuk tahap awal memulai blogging dengan WordPress. Selanjutnya kalian bisa memilih theme yang cocok, install plugins yang diperlukan, dan mulailah posting. Yang pasti, jangan pernah menggunakan theme nulled karena berpotensi membawa malware ke situs mu.

Sekian tutorial kali ini, dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Artikel Terkait WordPress

No comments:

Post a Comment