Cara Install dan Konfigurasi Squid Proxy di Debian

Rabu, 17 Juli 2019

Cara Install dan Konfigurasi Squid Proxy di Debian. Squid adalah proxy populer yang sering digunakan oleh para sysadmin untuk mengatur dan membatasi akses pengguna di sistem yangs edang berjalan. Saya sendiri menggunakan Squid untuk memblokir situs situs berkonten negatif. Nah di tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana instalasi Squid di Debian. Di tutorial ini saya menggunakan Debian 9.


Langsung saja ke langkah-langkahnya.

Update paket dat install squid

Pertama kita update dulu list paket di repository agar kita mendapatkan versi paket yang terbaru. Selanjutnya kita install Squid.
sudo apt-get update
sudo apt-get install squid

Mengatur Port untuk Squid Proxy

Defaultnya Squid berjalan di port 3128. Kalian bisa membiarkannya atau jika ingin diganti ke port lain, edit file /etc/squid/squid.conf dan ubah baris berikut:
http_port 3128
Selanjutnya restart Squid dengan perintah
sudo service squid restart

Ijinkan Semua Trafik

Adakalanya kalian memerlukan Squid untuk mengatur semua trafik yang lewat. Nah edit file /etc/squid/squid.conf dan ubah http_access menjadi allow all.
http_access allow all
#http_access deny all
Memblokir Trafik berdasarkan Nama Domain dan Keyword Kalian bisa memblokir website berdasarkan nama domain di Squid serta keyword. Oke disini saya membuat dua file yang satu berisi domain yang ingin diblokir, yang satu diisi keyword yang ingin diblokir.
nano /etc/squid/block-website.txt
Isinya:
kurogaze.me
kurogaze.top
awsubs.co
Ketiga website diatas adalah list website yang ingin saya blokir. Nah selanjutnya buat satu file lagi untuk memblokir website berdasarkan keyword.
nano /etc/squid/block-keyword.txt
Isinya:
hentai
bokep
jav
porn
Maka jika ada domain yang mengandung kata-kata diatas akan diblokir oleh Squid. Langkah terakhir adalah memasukkan daftar block ke file konfigurasi Squid di /etc/squid/squid.conf
acl keywordlist url_regex "/etc/squid/block-keyword.txt"
acl domainlist dstdomain "/etc/squid3/block-website.txt"
http_access deny keywordlist
http_access deny domainlist

Oke selanjutnya tinggal setting saja proxynya di Browser. untuk port sesuaikan dengan port yang sebelumnya kalian tentukan. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan komentar.

Artikel Terkait Debian ,Proxy