Cara Menonaktifkan Sementara SELinux di CentOS

Senin, 15 Juli 2019

Cara Menonaktifkan Sementara SELinux di CentOS. jadi ceritanya mau copy file dari satu vps ke vps lain via scp kok permission denied. Padahal owner filenya sudah bener. Sempet kebingungan juga karena gak tau yang salah dimana. Setelah trial error hal tersebut ternyata disebabkan oleh SELinux.
Nah di tutorial ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana kita menonaktifkan sementara si SELinux ini. Pertama cek apakah SELinux nya enable atau gak. Gunakan perintah getenforce atau sestatus.

Jika outputnya Enforcing berarti benar SELinuxnya aktif dalam mode enforcing. Untuk disable sementara SELinux gunakan perintah
setenforce Permissive
Cek lagi dengan perintah
sestatus

Sekarang SELinux sudah nonaktif atau dalam mode permissive. Jika apa yang kalian lakukan sudah selesai(di kasus saya adalah menyalin file), jangan lupa enable kembali SELinuxnya dengan perintah
setenforce Enforcing
Menonaktifkan SELinux Secara Permanen
Adakalanya kalian ingin menonaktifkan SELinux secara permanen. Kalian bisa melakukannya dengan mengedit file /etc/selinux/config.
sudo nano /etc/selinux/config
Ubah baris SELINUX=enforcing menjadi SELINUX=disabled.
Sekarang, reboot CentOS kalian agar perubahannya tersimpan.
sudo reboot
Cek lagi status SELinux dengan perintah
sestatus

Sangat tidak disarankan untuk menonaktifkan SElinux secara permanen karena SELinux sendiri merupakan fitur bawaan CentOS. Jika kalian tidak bisa bekerja dengan adanya SELinux, lebih baik gunakan distro lain seperti Ubuntu.

Oke sekian tutorial sederhana kali ini, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait CentOS ,Security ,SELinux