Drauger OS — Sistem Operasi GNU/Linux untuk Pengalaman Gaming yang Optimal

Kamis, 19 September 2019

Drauger OS — Sistem Operasi GNU/Linux untuk Pengalaman Gaming yang Optimal. Bagi kalian yang mulai untuk bermigrasi ke GNU/Linux namun masih belum bisa meninggalkan aktifitas gaming, mungkin itu akan menjadi sedikit masalah mengingat banyak game yang belum optimal ketika dijalankan di GNU/Linux (meskipun itu game yang crossplatform sekalipun). Dan mungkin kalian sudah pernah mendengar Steam OS, distro linux yang dikhususkan untuk gaming. Nah kali ini ada salahsatu varian baru, Drauger OS.


Drauger OS sendiri merupakan distro yang relatif baru, jadi mungkin banyak diantara kalian yang belum tau. Dan di artikel ini saya akan mengulas secara garis besarnya saja.

Apa itu Drauger OS
Drauger OS adalah sistem operasi linux yang dibuat untuk tujuan gaming. Ditujukan agar para gamer mendapatkan pengalaman maksimal saat bermain game, tanpa harus khawatir dengan masalah security di sistem operasi yang mereka pakai. Berbasis dari Ubuntu LTS, Drauger OS diharapkan menjadi sistem operasi yang stabil, serta mendapatkan dukungan jangka panjang.

Dikutip dari website pereka, Drauger OS sendiri tidak diperuntukkan bagi semua orang. Untuk beberapa alasan, aplikasi aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk gaming memang sangat minim sekali ketersediaannya. Bahkan aplikasi office ataupun editing tidak tersedia disini. Namun tentu saja kalian bisa menginstallnya menggunakan paket manager apt, jika kalian menggunakan OS ini dan kebetulan membutuhkan salahsatu aplikasi tersebut.

Didesain untuk Gaming
Seperti yang sudah saya singgung diatas, OS ini memang didesain untuk gaming. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan tempat yang nyaman untuk bermain game dimanapun, kapanpun. Distro ini hadir dengan aplikasi yang sudah diinstal dan dikonfigurasi untuk memainkan game yang dapat dijalankan di distro Linux seperti Steam Client, Wine, serta PlayonLinux.

Drauger OS juga hadir dengan kernel low-latency yang sudah dimodifikasi, kernel Liquorix. Liquorix adalah kernel pengganti untuk mengoptimalkan aplikasi multimedia dan game. kernel ini berbasis pada kernel ZEN untuk menyeimbangkan responsivitas throughput dan penggunaan daya.

Untuk DE, distro ini menggunakan XFCE yang sudah dimodifikasi. Lingkungan desktop Xfce yang disesuaikan dalam distro ini tidak memiliki panel tradisional yang ditempatkan di sepanjang tepi bawah layar. Sebagai gantinya, bilah desktopnya secara default muncul secara horizontal di bagian atas layar. Pemosisian bilah menu ini menurut developernya memang meniru tampilan dan fungsi konsol game.

Drauger OS juga bisa menjalankan controller Xbox, Xbox 360 serta beberapa model controller Playstation.

System Requirements
Berikut adalah system requirements untuk menjalankan OS ini.
Minimum

  • CPU: Dual-Core, 1.8GHz, 64-bit processor
  • RAM: 1 GB
  • Storage: 16 GB
  • Graphics Processor : Integrated
  • Screen Resolution: 1024×768 at 60Hz
  • External Ports: 1 Port for Display (HDMI / DisplayPort / VGA / DVI), 2 USB Ports for Installation USB Drive and Keyboard (Mouse optional, but recommended)

Recomended

  • CPU: Quad-Core, 2.2Ghz, 64-bit processor
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 128 GB
  • Graphics Processor: NVIDIA GTX 1050, AMD RX 460, or equivalent card
  • Screen Resolution: 1080p at 60Hz
  • External Ports: 1 Port for Display (HDMI / DisplayPort / VGA / DVI), 3 USB Ports for Installation USB Drive, Keyboard, and Mouse, 1 Audio Out Port

Jika tertarik, kalian bisa langsung cek lebih lanjut melalui link berikut:

  • https://www.draugeros.org/go/system-requirements/
  • https://www.draugeros.org/go/about/

Oke mungkin sekian artikel kali ini. Bagi yang sudah mencoba OS ini bisa juga kalian tulis pengalaman kalian melalui komentar dibawah.

Artikel Terkait Distribusi Linux ,Ubuntu