Cara Mudah Membersihkan Table Sampah dari Database WordPress

Minggu, 29 September 2019

Cara Mudah Membersihkan Table Sampah dari Database WordPress. Saat kalian menguninstall plugin dari WordPress, data plugin yang tersimpan di database WordPress masih tertinggal dan tidak ikut dihapus. Data-data ini tidak lagi digunakan oleh blog WordPress kalian, namun tetap tersimpan di database sehingga hanya akan menjadi data sampah. Nah, kalian bisa membersihkannya menggunakan plugin bernama Plugins Garbage Collector.



Sebelum melanjutkan tutorial ini, pastikan kalian membackup database kalian terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Ini sebenarnya adalah tindakan dasar sih, selalu lakukan backup sebelum melakukan perubahan apapun pada aplikasi ataupun web yang berjalan pada production server.

Oke, pertama install Plugins Garbage Collector.

Selanjutnya, aktifkan plugin tersebut.

Lanjut ke menu Plugins. Dan pada plugin Plugins Garbage Collector klik opsi Scan.

Klik opsi "Search none-WP tables" dan centang "Show hidden tables". Terakhir, klik Scan Database.

Selanjutnya akan muncul daftar table yang tidak lagi digunakan, ditandai dengan tulisan warna merah dan unknown pada Plugin Name.

Oke tinggal centang, lalu klik Delete Table.

Mudah bukan? Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar, atau tulis juga pengalaman kalian menggunakan plugin ini.

Artikel Terkait WordPress