Optimasi Sistem Operasi GNU/Linux menggunakan Stacer

Senin, 30 September 2019

Optimasi Sistem Operasi GNU/Linux menggunakan Stacer. Kali ini saya akan share salahsatu tool GUI yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi kalian yang menggunakan sistem operasi linux. Ya, namanya Stacer, tool untuk memantau maupun mengoptimasi sistem operasi yang kalian pakai.


Stacer sendiri merupakan tool atau aplikasi open source yang memiliki banyak fungsi atau fitur dalam satu aplikasi. Berikut tampilan dari halaman depan aplikasi.

Dan berikut adalah beberapa menu dari Stacer.
Startup Apps
Menu ini memungkinkan kalian untuk melihat aplikasi yang berjalan saat start, ataupun menambahkan aplikasi baru yang ingin dijalankan saat booting. Cukup membantu, terutama yang belum terlalu familiar dengan pengoperasian melalui terminal.

System Cleaner
Menu ini memungkinkan kalian untuk membersihkan file sampah di linux dengan menghapus cache, file log, dll. Opsinya mungkin tidak selengkap Bleachbit yang memang merupakan aplikasi system cleaner, namun untuk kebutuhan dasar, fitur ini cukup membantu.

Services
Menu ini berfungsi untuk memudahkan kalian untuk mengontrol service yang sedang berjalan di sistem. Keberadaan fitur search juga menjadi nilai tambah. Namun kalian perlu berhati-hati karena menghentikan service yang salah bisa menyebabkan sistem reboot.

Processes
Sama seperti task manager, berfungsi untuk melihat proses apa saja yang berjalan di sistem dan mengontrolnya.

Uninstaller
Memudahkan proses uninstall paket atau aplikasi menggunakan GUI.

Resources
Tab ini menampilkan penggunaan CPU, RAM, Disk, CPU Load Average, serta aktifitas jaringan selama 60 detik.

APT Repository Manager
Mengelola repository menggunakan GUI. Kalian bisa menambahkan, mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus repository dari sistem. Tentu saja fitur ini hanya bisa berjalan di sistem operasi Debian, Ubuntu, serta turunannya.

Untuk fitur lainnya kalian bisa explore sendiri.

Cara Install Stacer di Ubuntu
Untuk Ubuntu, kalian bisa menambahkan repository PPA nya ke sistem, lalu install menggunakan paket manager apt.
sudo add-apt-repository ppa:oguzhaninan/stacer -y
sudo apt-get update
sudo apt-get install stacer -y
Untuk distro lain kalian bisa langsung cek halaman GitHub mereka. Paket AppImage juga tersedia. Dan karena aplikasi ini open source, kalian juga bisa compile sendiri dari sourcenya.

Oke mungkin itu saja sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa share ke teman-temanmu agar mereka tau.

Artikel Terkait Utilities