Melakukan Scanning pada Network Menggunakan Angry IP Scanner

Jumat, 11 Oktober 2019

Melakukan Scanning pada Network Menggunakan Angry IP Scanner. Beberapa waktu yang lalu saya pernah sharing bagaimana cara melakukan scanning pada internal network menggunakan ARP Scanner. Nah, tool lain yang bisa digunakan adalah Angry IP Scanner. Tool ini selain bisa dijalankan melalui terminal (cli) juga bisa menggunakan GUI untuk pengoperasiannya sehingga mungkin akan lebih memudahkan bagi yang tidak terbiasa dengan terminal (meskipun itu lucu jika kalian pengguna linux namun tidak terbiasa dengan terminal).

Fitur Angry IP Scanner

  • Scans local networks as well as Internet
  • IP Range, Random or file in any format
  • Exports results into many formats
  • Extensible with many data fetchers
  • Provides command-line interface

Angry IP Scanner akan memindai alamat IP dalam jaringan dan melakukan ping untuk melihat apakah host hidup atau mati. Kemudian jika hidup, pemindaian akan dilanjutkan untuk melihat hostname, open port, MAC address, dll.

Tool ini memerlukan Java agar bisa berfungsi jadi pastikan kalian sudah menginstallnya. Di Ubuntu gunakan perintah
sudo apt update
sudo apt install openjdk-11-jdk
Selanjutnya kalian download installernya melalui link berikut
Download Angry IP Scanner
Pastikan kalian mengunduh installer yang sesuai dengan  distro yang kalian pakai. Jika kalian pengguna Debian dan turunannya, unduh paket .deb. Selanjutnya kalian bisa install paket .deb nya menggunakan perintah
sudo dpkg -i namapaket.deb
Contoh
sudo dpkg -i ipscan_3.6.1_amd64.deb
Tunggu proses instalasi hingga selesai. Selanjutnya tinggal buka aplikasi melalui menu ataupun menggunaan terminal dengan perintah
ipscan &
 Menunya cukup simple sehingga tidak membuat bingung. Berikut contoh hasil scan menggunakan Angry IP Scanner.

Oke mungkin sekian tutorial sederhana kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Networking ,Utilities