Cara Ganti SSID dan Password WiFi MyRepublic

Sabtu, 12 Oktober 2019

Cara Ganti SSID dan Password WiFi MyRepublic. Bagi kalian yang memasang internet di rumah dengan provider MyRepublic dan ingin mengganti nama WiFi ataupun password WiFi MyRepublic, disini saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkahnya.
Di tutorial ini kebetulan saya menggunakan router Huawei HG8245. Untuk tipe lain bisa mengikuti, asal masih sama sama Huawei maka tampilan dalamnya bakal mirip.

Cara Ganti SSID dan Password WiFi di Huawei HG8245 MyRepublic

Pertama, kalian login ke router di alamat 192.168.1.1. Jika tidak bisa, coba kalian cek gatewaynya dengan perintah route -n di linux atau ipconfig di Windows.

Berikut adalah tampilan login router MyRepublic

Lalu masuk menu WLAN > WLAN Configuration.
Edit bagian SSID Name untuk mengubah nama WiFi, dan edit WPA PreSharedKey untuk mengubah password.

Jika Broadcast SSID dicentang, maka SSID akan di broadcast sehingga siapapun yang menjangkau SSID tersebut tau nama SSIDnya. Sementara jika tidak dicentang, nama SSID akan disembunyikan dan kalian harus menggunakan fitur connect to hidden network untuk terhubung ke WiFi.

Nilai dari Associated Device Number adalah jumlah maksimal dari client yang dapat terhubung ke WiFi. Misal kita batasi jumlahnya menjadi 5, maka setelah 5 device terhubung, orang lain yang mencoba terhubung akan mendapat pesan error "unable to connect this network".

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Networking ,WiFi