Cara Merekam Seluruh Ketikan di Terminal

Rabu, 23 Oktober 2019

Cara Merekam Seluruh Ketikan di Terminal. Kadang user perlu menyimpan log apa saja yang dia ketik di terminal untuk dianalisa jika terjadi kesalahan ataupun dibagikan ke pengguna lain sebagai modul pembelajaran. Saya sendiri biasanya merekam ketikan tersebut untuk disimpan menjadi bahan artikel yang belum sempat dipublish.

Kita bisa melakukannya menggunakan script. Script yang dimaksud disini bukanlah sebuah baris kode namun tool untuk merekam seluruh ketikan di sesi aktif user dan disimpan dalam sebuah file.

Untuk memulainya, kita bisa jalankan perintah
script nama-file
Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa script berjalan. Misalnya, Script started, file is linuxsec-tutorial. Setelah itu, seluruh aktifitas atau ketikan di terminal akan direkam, sampai kalian menjalankan command exit. Setelah menjalankan command exit maka script akan berhenti, dan rekaman ketikan di terminal akan disimpan pada sebuah file yang kalian tentukan sebelumnya.
Lihat screenshot berikut:

Lalu berikut isi file linuxsec-tutorial

Alternatifnya, kalian bisa membuat alias untuk script agar file lebih rapi. Misalnya
alias rec='script -aq ~/term.log-$(date "+%Y%m%d-%H-%M")'
Perintah diatas untuk membuat alias dari perintah script menjadi rec, serta menyimpan file nya di direktori home dengan nama file term.log diikuti dengan waktu kapan perintah tersebut dijalankan.
Contoh

Script merekam aktifitas di terminal dan menyimpannya dalam bentuk teks. Jika kalian lebih prefer dengan bentuk video, kalian bisa coba Asciinema

Oke mungkin itu saja tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Terminal ,Utilities