Demon Linux – Distribusi Linux Turunan Debian untuk Penetration Testing

Sabtu, 25 Januari 2020

Demon Linux – Distribusi Linux Turunan Debian untuk Penetration Testing. Oke jadi pas browsing kebetulan ketemu distro turunan Debian yang juga ditujukan untuk keperluan pentesting selain Kali Linux dan Parrot. Namanya adalah Demon Linux. Project OS ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari WeakNet Linux.

Untuk desktop, OS ini menggunakan XFCE. Pengembang sendiri memutuskan menggunakan XFCE karena tergolong ringan dibanding DE lain. Dan juga user friendly. Serta penggunaan dark theme sebagai theme default menjadi nilai plus. Saya pribadi suka dengan tampilan defaultnya.


Tools untuk keperluan pentest ataupun CTF disimpan di direktori /infosec.

Demon App Store
Demon App Store adalah tempat dimana kalian bisa mengunduh ataupun memperbarui paket aplikasi di Demon Linux. Tool ataupun aplikasi yang tersedia saat ini bisa terus bertambah, meliputi tool untuk pentester maupun untuk developer.

Instalasi
Kalian bisa melakukan instalasi Demon Linux menggunakan Demon Linux Installer. Namun perlu diketahui bahwa dokumentasi untuk sistem operasi ini masih sangat minim, dan developer OS ini sendiri menyarankan agar kalian menginstall di mesin virtual seperti VMware atau VirtualBox.

Download Demon Linux
Jika kalian tertarik untuk mencoba, kalian bisa download melalui link dibawah.
  • Homepage: https://www.demonlinux.com/
  • Download page: https://www.demonlinux.com/download.php
  • How to Install: https://www.demonlinux.com/tutorials.php
Cukup download, boot ke live session. Default credential untuk login ke desktop adalah:
  • user: root
  • password: weaknet
Lalu install menggunakan Demon Linux Installer.

Oke mungkin sekian artikel singkat kali ini. Mungkin lain waktu saya update lagi artikel ini jika ada informasi yang ingin ditambahkan.

Artikel Terkait Distribusi Linux