Install Plank Dock di Desktop XFCE Kali Linux

Sabtu, 25 Januari 2020

Install Plank Dock di Desktop XFCE Kali Linux. Salahsatu cara untuk mempercantik tampilan desktop linux adalah dengan menambahkan dock di desktop. Dan salahsatu dock favorit saya adalah Plank karena ringan dan mudah untuk kustomisasinya.

Di tutorial ini saya akan sharing bagaimana cara menginstall Plank di Kali Linux 2019.4 dengan desktop XFCE. Namun sebenarnya kalian bisa mengikuti tutorial ini menggunakan distro lain yang masih keluarga Debian seperti Linux Mint, Ubuntu, dll.

Oke langung saja, pertama kita install Plank dengan perintah
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank
Lalu jalankan Plank melalui menu aplikasi atau menggunakan terminal dengan perintah
plank&
Penambahakn & di akhir ditujukan agar perintah tersebut berjalan di backgound.

 Sekarang Plank sudah berjalan dan seharusnya muncul di bawah tengah.

Untuk menambahkan aplikasi lain ke Plank, caranya adalah buka aplikasi tersebut, dan setelah icon nya berada di dock klik kanan dan aktifkan opsi Keep in dock.

Kalian bisa mengkonfigurasi bagaimana sytle Plank, lokasi dimana Plank ditampilkan, fitur auto hide, dll dengan cara klik kanan pada Plank lalu klik Preferences atau bisa juga dengan menjalankan perintah ini di terminal
plank --preferences

Autostart Plank
Setelah semua konfigurasi selesai, terakhir adalah bagaimana menjalankan plank secara otomatis saat masuk ke desktop karena tidak ada opsi autostart di Preferences.

Karena kita membahas instalasi di desktop XFCE maka kita bisa gunakan fitur yang tersedia di XFCE. Masuk menu Settings > Session and Startup > Application Autostart.

Lalu tambahkan service baru yang dalam kasus ini adalah Plank. Untuk konfigurasinya lihat screenshot berikut:

Oke mungkin itu saja tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Debian ,Kali Linux