Mengembalikan Folder Default di Direktori Home yang Terhapus

Sabtu, 08 Februari 2020

Mengembalikan Folder Default di Direktori Home yang Terhapus Linux. Oke sebenarnya saya bingung kasih judul apa yang tepat. Karena maksud mengembalikan disini bukan merestore ulang folder tersebut beserta isi didalamnya, tapi mengatur ulang. Folder default di home yang saya maksud adalah folder Music, Pictures, Video, Public, Templates, Downloads, dan Documents. Intinya folder yang memiliki icon khusus di home atau folder default yang tercipta saat user baru dibuat.

Kronologinya beberapa waktu yang lalu saya melakukan kecerobohan dimana saya ingin menghapus folder didalam direktori Downloads malah direktori Downloads nya yang saya hapus dengan command rm -rf ~/Downloads. Nah, saya coba membuat ulang direktori tersebut dengan perintah
mkdir ~/Downloads. Masalahnya, ketika saya mendownload file torrent filenya malah otomatis tersimpan di dir home, yang artinya dir Downloads saya tidak terdeteksi. Foldernya juga tidak memiliki icon khusus.

Solusinya adalah dengan mengedit file ~/.config/user-dirs.dirs.
nano ~/.config/user-dirs.dirs
Nah tinggal kalian atur ulang direktorinya disana. Sebagai contoh, karena dir Downloads saya terhapus maka ubah baris XDG_DOWNLOAD_DIR.


Selanjutnya logout dari desktop dan cek kembali.

Sudah normal.

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Fix Error