Menggunakan DoH di Android, iOS, dan Desktop

Kamis, 28 Januari 2021

Menggunakan DoH di Android, iOS, dan Desktop. Agar trafik kita tidak diintercept oleh provider, kita bisa menggunakan VPN atau software anonimity lainnya. Namun, ada yang lebih simple, yakni menggunakan DNS over HTTPS. Jadi yang dienkripsi hanya DNS nya saja.

Beberapa layanan DoH juga bisa digunakan untuk melewati censorship yang diberlakukan oleh provider. Beberapa yang lain juga memiliki kemampuan untuk memblokir ads maupun malware.


Nah, di tutorial ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara menggunakan DoH di Android, iOS, maupun di desktop.

Sebelumnya, sekedar informasi saja bahwa LinuxSec juga memiliki server DoH sendiri yang beralamat di doh.linuxsec.org

  • https://doh.linuxsec.org/dns-query - DoH
  • https://doh.linuxsec.org/adguard - DoH with Ad Blocker

Menggunakan DoH di Desktop

Jika kalian menggunakan DoH di desktop, kalian bisa menggunakan dnscrypt-client. Atau, jika kalian ingin mengenkripsi DNS saat browsing saja, browser modern sudah menyediakan fitur custom DNS.

Di Firefox, kalian bisa masuk ke menu Preferences > Network Settings > Enable DNS over HTTPS. Selain DNS milik Cloudflare, kalian juga bisa menggunakan custom DNS.


Di Microsoft Edge juga caranya hampir sama. Tinggal masukkan custom dns nya di menu Security.

Menggunakan DoH di iOS

Untuk pengguna iOS, kalian bisa gunakan aplikasi DNSCloak sebagai clientnya. Selanjutnya tinggal buka aplikasinya, lalu cari resolver yang ingin digunakan. Untuk settingan default, DNSCloak mengambil resolver dari list public resolver DNScrypt.


Menggunakan DoH di Android

Untuk pengguna Android, kalian bisa gunakan aplikasi Nebulo sebagai clientnya. Tinggal masukkan resolver baru yang ingin digunakan (atau kalian juga bisa gunakan resolver yang sudah ada.


Selesai. Seharusnya kalian sekarang bisa berinternet dengan DNS yang lebih stabil dan tentunya bebas dari sensor.

Berikut hasil dari dnsleaktest.com jika kalian menggunakan DoH dari LinuxSec.


Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Security