Cara Install Browser Firefox Non-ESR di Kali Linux

Senin, 08 Februari 2021

Cara Install Browser Firefox di Kali Linux. Oke ini adalah catatan pribadi saya mengenai bagaimana cara install browser Firefox di Kali Linux. Yang akan kita install disini adalah browser Firefox biasa ya, bukan Firefox ESR. Firefox ESR, atau Extended Support Release, adalah versi resmi Firefox yang berfokus pada keamanan dan stabilitas, bukan fitur terbaru. Itu artinya untuk masalah fitur, versi ini bisa dibilang jauh tertinggal dibanding versi Firefox reguler.

Karena itu, Firefox ESR terutama ditujukan untuk organisasi seperti universitas, pemerintah atau bisnis, serta individu yang lebih menyukai stabilitas daripada fitur, dan antarmuka pengguna yang tidak berubah di tiap perilisannya.

Namun, bagi yang ingin menggunakan atau mencicipi updatean fitur terbaru Firefox, maka yang harus kalian install adalah Firefox non ESR. Di Kali Linux sendiri paket ini belum ada di repository secara default, dan disini kita akan mencoba memasang Firefox nya dari repository Debian.

Kita bisa tambahkan repository Debian Unstable terlebih dahulu.

sudo nano /etc/apt/sources.list

Lalu tambahkan repo Debian Unstable di paling bawah.

deb http://deb.debian.org/debian/ unstable main contrib non-free

Selanjutnya adalah menambahkan low priority pin untuk repository Debian Unstable. Hal ini ditujukan agar ketika kita melakukan upgrade sistem, paket yang diinstall adalah paket milik repo Kali Linux, sehingga tidak berbenturan dengan repo Debian Unstable.

sudo nano /etc/apt/preferences.d/99pin-unstable

Oke, sekarang tambahkan baris berikut

Package: *
Pin: release a=stable
Pin-Priority: 900

Package: *
Pin release a=unstable
Pin-Priority: 10
Update dengan command
sudo apt update
Selanjutnya kita install Firefox dari repository Debian Unstable dengan perintah
sudo apt install -t unstable firefox
Sebagai tambahan saya, jika kalian menggunakan command sudo apt install firefox, Firefox dari repo Debian Unstable tidak akan terpasang karena kita sudah mengatur priority pin nya.

Oke sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Kali Linux ,Utilities