Cara Menambahkan dan Menghapus User dari Group di Linux

Jumat, 19 Maret 2021

Cara Menambahkan dan Menghapus User dari Group di Linux. Di tutorial ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara menambahkan maupun menghapus user dari grup di linux. Di beberapa kasus, setelah kita membuat user baru di linux, kita harus menambahkan user tersebut ke group yang sudah ada untuk memberikan hak akses tertentu. Katakanlah, kita membuat user baru, lalu memberinya hak akses sudo.

Untuk menambahkan user ke group, kita bisa menggunakan usermod, sementara untuk mengeluarkan user dari group kita bisa menggunakan gpasswd.

Mengecek User Group

Pertama, kita bisa mengecek group apa saja yang user kita masuki. Kita bisa gunakan command id maupun groups. Contoh, untuk mengecek group dari user linuxsec, maka commandnya adalah:

id linuxsec

atau

groups linuxsec

Memasukkan User ke Group

Untuk menambahkan user ke group, kita menggunakan utility usermod. usermod sendiri kegunaannya adalah untuk memodifikasi user account di linux. Misalnya, kita ingin memasukkan user linuxsec ke group sudo, maka commandnya adalah:

usermod -aG sudo linuxsec

Menghapus User dari group

Sementara, jika kita ingin menghapus user dari group tertentu, kita gunakan command gpasswd. gpasswd adalah tool untuk manajemen /etc/group dan /etc/gshadow. Sebagai contoh, jika saya ingin menghilangkan hak akses sudo dari user linuxsec, maka command untuk mengeluarkan user tersebut dari group sudo adalah

gpasswd -d linuxsec sudo

Sebagai catatan tambahan, command usermod maupun gpasswd harus dijalankan dengan hak akses sudo maupun menggunakan user root.

Ok, mungkin sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Linux Basic ,Tutorial