Cara Install Zoom Client di Kali Linux

Sabtu, 18 September 2021

Cara Install Zoom Client di Kali Linux. Oke di tutorial kali ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara menginstall Zoom di Kali Linux. Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop. Aplikasi komunikasi video seperti Zoom sendiri mulai populer semenjak pandemi dan perusahaan mulai menerapkan Work from Home (WFH).




Proses instalasi Zoom di Kali Linux sendiri cukup tricky meskipun pihak Zoom sudah menyediakan paket .deb untuk memudahkan instalasi client Desktopnya. Pertama, download Zoom melalui link berikut ini:

Download Zoom

Untuk tipenya pilih Debian, versionnya pilih 8.0+.

Lihat screenshot berikut.

Nah, selanjutnya kalian bisa install paket .deb nya menggunakan perintah

sudo dpkg -i zoom_amd64.deb

Namun kalian akan menemukan error berikut:

Hal ini karena beberapa dependensi yang dibutuhkan oleh Zoom tidak tersedia di repository Kali Linux. Solusinya adalah dengan menambahkan repository Debian terlebih dahulu ke repoisitory. Edit file /etc/apt/sources.list.

deb http://deb.debian.org/debian/ buster main contrib non-free

Kira-kira seperti ini isi sources.list setelah ditambah repository Debian.

Selanjutnya lakukan update repository dengan perintah

sudo apt update

Lanjut perbaiki instalasi Zoom yang error diatas dengan perintah

sudo apt --fix-broken install

Sekarang cek apakah Zoom sudah bisa dibuka dan digunakan.

Jika sudah, jangan lupa hapus (atau bisa juga ditambah tanda comment atau tanda pagar didepan) repository Debian di Kali Linux untuk menghindari conflict saat upgrade sistem Kali Linux. Jika sudah dihapus, jangan lupa lakukan update repository terlebih dahulu.

sudo apt update

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Aplikasi