Mengatasi Aplikasi Zoom Meeting Autostart Saat Menggunakan Screensaver

Mengatasi Aplikasi Zoom Meeting Autostart Saat Menggunakan Screensaver. Kejadian ini saya alami ketika mengaktifkan screensaver pada desktop XFCE yang saya gunakan. Aplikasi Zoom yang seharusnya tidak berjalan otomatis ketika login ke desktop, selalu berjalan secara otomatis.

Saya coba cek di program autostart untuk memeriksa apakah ada kesalahan konfigurasi. Ternyata tidak ada. Namun disini saya menyadari "keanehan" tersebut mulai muncul ketika saya mengaktifkan screensaver di desktop saya. Namun karena masih belum ketemu titik permasalahannya dimana, yang saya lakukan adalah masuk ke console mode setelah logout dari desktop (dengan menekan Ctrl + F2), lalu memeriksa bagaimana proses dari zoom berjalan.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa keanehan ini terjadi ketika saya mulai mengaktifkan screensaver, hal pertama yang saya lakukan adalah memeriksa proses dari screensaver.

ps -aux | grep screensaver

Sepertinya ada proses bernama "zoom" yang di forking dari proses xscreensaver-demo. Sekarang kita cek proses zoom.

ps -aux | grep zoom

Benar saja. Sepertinya proses "zoom" yang dijalankan oleh screensaver ikut memanggil aplikasi zoom meeting karena memiliki nama file binary yang sama dengan proses yang dijalankan oleh xscreensaver-demo.

Karena sudah tau masalahnya dimana, selanjutnya tinggal kita atasi masalahnya. Jalankan xscreensaver-demo. Selanjutnya nonaktifkan saja mode zoom pada screensaver agar prosesnya tidak bentrok.

Sekarang coba logout dan login kembali. Seharusnya aplikasi Zoom Meeting sudah tidak berjalan secara otomatis.

Sekian tutorial kali ini, bantu share jika ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Aplikasi Zoom Meeting Autostart Saat Menggunakan Screensaver"