Install Package RPM di Debian dan Ubuntu Menggunakan Alien

Install Package RPM di Debian dan Ubuntu Menggunakan Alien. Seringkali kita mengalami situasi di mana kita ingin menginstal paket pada sistem operasi Debian yang sedang kita gunakan, namun paket tersebut hanya tersedia untuk installer sistem operasi RHEL/CentOS. Jika kita harus melakukan proses kompilasi ulang dari awal, itu akan memakan waktu dan sumber daya yang cukup besar. Namun, ada solusi alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan utilitas bernama Alien.

Alien adalah sebuah program konversi paket yang berfungsi untuk mengonversi format paket .rpm ke format paket .deb, sehingga paket .rpm yang sebelumnya hanya dapat digunakan pada sistem operasi RHEL/CentOS dapat juga digunakan pada sistem operasi Debian dan Ubuntu. Dengan begitu, Alien memungkinkan kita untuk menginstal paket tersebut pada sistem operasi Debian tanpa harus melakukan proses kompilasi ulang dari awal.

Secara khusus, proses penggunaan Alien pada Debian dan Ubuntu melibatkan konversi paket .rpm menjadi format paket .deb, sehingga paket .deb yang dihasilkan dapat langsung diinstal menggunakan perintah dpkg. Dengan demikian, Alien merupakan solusi alternatif yang sangat berguna untuk mengatasi kendala dalam menginstal paket pada sistem operasi Debian dan Ubuntu, terutama jika paket tersebut hanya tersedia dalam format .rpm. 

Install Alien di Debian dan Ubuntu

Di Debian dan Ubuntu sendiri alien bisa diinstall menggunakan command:

sudo apt update && sudo apt install alien -y

Nah selanjutnya tinggal kita gunakan flag -d atao --to-deb untuk mengubah package .rpm menjadi .deb.
alien -d package.rpm
Jika proses convert sudah selesai, tinggal kita install paket .deb yang sudah di generate menggunakan dpkg.
sudo dpkg -i package.deb

Untuk melihat perintah atau opsi lain cara menggunakan alien bisa dicek menggunakan perintah

alien --help


Oke mungkin sekian sharing singkat kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Posting Komentar untuk "Install Package RPM di Debian dan Ubuntu Menggunakan Alien"