Mengatasi Error Login Desktop di GNU/Linux

Mengatasi Tidak Bisa Login Desktop di GNU/Linux. Saya memiliki kebiasaan ketika menggunakan laptop, jarang sekali melakukan shutdown ataupun reboot kecuali ingin berpergian. Jadi ketika WFH, kadang lebih dari seminggu laptop saya menyala tanpa henti. Nah permasalahan muncul hari ini, ketika saya merestart laptop saya, saya tidak bisa masuk desktop meskipun sudah memasukkan kredensial yang sesuai.

Jadi ketika saya masukkan username dan password, desktop akan nge-blink kemudian masuk ke halaman login lagi. Kasusnya sama seperti login loop pada ubuntu yang juga pernah saya bahas. Saya sudah lakukan beberapa cara yang saya tulis di artikel tersebut namun tidak berhasil. Ternyata permasalahannya adalah pada disk yang penuh. Berikut cara reproduce nya:

Setelah gagal login desktop, tekan tombol Ctrl + Alt + F1. Nah, setelah masuk ke mode CLI, masukkan kredensial login. Cek penggunaan disk dengan perintah

sudo df -ha

Nah, disini ternyata usage dari root sudah 100%. Kira-kira begini outputnya:

┌──(miku㉿nakano)-[~]
└─$ sudo df -ha
Filesystem                    Size  Used Avail Use% Mounted on
sysfs                            0     0     0    - /sys
proc                             0     0     0    - /proc
udev                          7.7G     0  7.7G   0% /dev
devpts                           0     0     0    - /dev/pts
tmpfs                         1.6G  1.5M  1.6G   1% /run
/dev/mapper/asuka_vg-lv_root  230G  228G    2G 100% /
securityfs                       0     0     0    - /sys/kernel/security
tmpfs                         7.7G  211M  7.5G   3% /dev/shm
tmpfs                         5.0M     0  5.0M   0% /run/lock
cgroup2                          0     0     0    - /sys/fs/cgroup
pstore                           0     0     0    - /sys/fs/pstore
............
Kemungkinan masalah kenapa saya gagal login karena disknya penuh. Oh iya, disini meskipun ada avail 2G jangan heran kenapa use nya 100%, karena jika menggunakan konfigurasi default, 5% dari penyimpanan yang tersedia akan otomatis di reserved untuk kebutuhan program ataupun service yang dijalankan oleh user root.

Oke, karena saya sendiri merasa tidak merasa menyimpan file dengan ukuran besar baru-baru ini, pikiran saya langsung tertuju pada direktori log karena ada kemungkinan file yang bengkak. Jalankan perintah berikut:
sudo du -ha /var/log | less
Cari file yang sekiranya ukurannya tidak wajar. Dan benar saja, ternyata ukuran file dari log messages saya sebesar 28G, dan ukuran file user.log saya sebesar 19G. Selanjutnya tinggal saya kosongkan kedua file tersebut dengan perintah:
echo "" | sudo tee /var/log/messages
echo "" | sudo tee /var/log/user.log
Berikut penggunaan disk ketika kedua file tersebut dihapus.

Selanjutnya setelah saya cek menggunakan perintah df -h usage disk saya menurun secara drastis, saya coba login kembali ke desktop. Caranya adalah menekan tombol Ctrl + Alt + F7, kemudian masukkan kredensial login kalian. Dan berhasil.

Case ini tentu juga menjadi pembelajaran bagi saya, karena sepertinya ada beberapa log pada system yang tidak di rotate, dan itu tentu akan menjadi masalah di kemudian hari. Mungkin di tutorial selanjutnya saya akan membaas bagaimana cara melakukan rotate log di Linux.

Oke sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Error Login Desktop di GNU/Linux"