Cara Cek List User di Linux

Cara Cek List User di Linux. Ini hanya catatan singkat mengenai bagaimana cara cek list user di linux. Hal ini mungkin akan berguna ketika kita sedang melakukan audit pada sistem yang sudah compromised untuk mengetahui apakah ada user baru yang ditambahkan.

Cara Cek List User Linux

Untuk memeriksa daftar pengguna di Linux, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan perintah awk. Perintah ini akan menampilkan daftar pengguna pada sistem Linux secara rapi. Caranya adalah dengan membuka terminal dan mengetikkan perintah berikut:

awk -F':' '{ print $1}' /etc/passwd

Contoh output:


Selain itu, kita juga dapat menggunakan perintah getent untuk menampilkan daftar pengguna pada sistem Linux. Perintah ini akan menampilkan entri dari database yang dikonfigurasi pada file /etc/nsswitch.conf, termasuk database passwd yang dapat digunakan untuk mencari daftar semua pengguna pada sistem Linux. Caranya adalah dengan membuka terminal dan mengetikkan perintah berikut:
getent passwd | cut -d: -f1
Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memeriksa daftar pengguna pada group tertentu. Disini sebagai contoh adalah bagaimana cara kita mengecek daftar pengguna yang berada dalam group sudo.

Cek List User Sudo

Nah, untuk memeriksa user yang memiliki hak akses sudo, kalian bisa cek menggunakan perintah:

grep '^sudo:.*$' /etc/group | cut -d: -f4

Atau

getent group sudo | cut -d: -f4

Contoh output:


Atau jika ingin mengecek privilege sudo user secara spesifik, gunakan perintah

sudo -l -U <username>

Contoh:

sudo -l -U nino


Oke sekian sharing singkat kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek List User di Linux"