Cara Install TeamViewer di Debian dan Ubuntu

Cara Install TeamViewer di Debian dan Ubuntu Linux. Pada tutorial kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara memasang TeamViewer di Linux, khususnya bagi pengguna Debian dan Ubuntu.

TeamViewer adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengendalikan, dan berbagi desktop komputer dari jarak jauh melalui koneksi internet. Dengan menggunakan TeamViewer, pengguna dapat menghubungkan komputer mereka ke komputer lain di lokasi yang berbeda secara aman dan praktis.

Sebenarnya saya pernah membahas utilitas lain dengan fungsi serupa, yakni AnyDesk, dan di tutorial kali ini kita akan membahas TeamViewer.

Oke langsung saja ke tutorial.

Install TeamViewer
Kalian bisa unduh TeamViewer pada halaman Download TeamViewer for Linux. Kalian pilih paket yang sesuai dengan sistem operasi yang kalian pakai. Untuk pengguna Ubuntu, Debian, dan turunannya, kalian bisa pilih link download bagian Ubuntu/Debian. Sebagai contoh disini saya unduh yang versi 64bit. 

Langsung saja buka terminal dan jalankan perintah
wget https://download.teamviewer.com/download/linux/teamviewer_amd64.deb
Setelah proses download melalui wget selesai, install paket TeamViewer menggunakan perintah:
sudo dpkg -i teamviewer_amd64.deb

Selanjutnya kalian bisa langsung buka TeamViewer melalui menu aplikasi.

Cara Update TeamViewer
Nah, untuk updatenya sendiri cukup mudah dikarenakan saat kita menginstall TeamViewer melalui file .deb, maka repository TeamViewer secara otomatis juga akan ikut terpasang di sistem. Kalian bisa cek di file /etc/apt/sources.list.d/teamviewer.list.


Cara updatenya sendiri adalah dengan menjalankan perintah:
sudo apt update && sudo apt install teamviewer -y

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. 

Posting Komentar untuk "Cara Install TeamViewer di Debian dan Ubuntu"