Cara Install Brave Browser di Debian dan Ubuntu

Cara Install Brave Browser di Debian dan Ubuntu. Ini adalah totorial singkat mengenai bagaimana cara memasang Brave Browser di distro Debian, Ubuntu, serta turunannya termasuk Kali Linux dll.

Brave Browser adalah peramban web yang cepat, aman, dan privat. Brave Browser memblokir iklan dan pelacak secara bawaan, sehingga Anda dapat menjelajah web tanpa terganggu oleh iklan yang mengganggu dan tanpa khawatir tentang privasi Anda. Brave Browser juga menawarkan fitur keamanan lanjutan seperti integrasi IPFS terpasang, perutean berlapis dengan Tor, daftar filter khusus, dan lebih banyak lagi. Selain itu, Brave Browser juga menawarkan pengalaman perambanan bebas iklan yang menyimpan data dan masa pakai baterai dengan memblokir perangkat lunak pelacak.

Kenapa Harus Install Brave Browser?

Sejujurnya saya sendiri bukan seseorang yang terlalu fanatik dan harus anti dengan Google dan semacamnya. Sehingga terlalu naif kalau saya bilang saya memasang Brave Browser karena alasan privasi dan keamanan. Bahkan sejujurnya saya adalah pengguna Chrome selama bertahun-tahun.

Yang jadi masalah adalah beberapa terakhir ini sedang ramai isu dari para pengguna Youtube yang mengeluhkan CPU nya naik ketika mengakses Youtube dengan menggunakan AdBlocker. Laptop saya (yang menurut saya tidak sekentang itu) pun ikut jadi korban. Membuka Youtube dari Chrome yang terpasang Adblock Plus memang membuat proses CPU naik secara tidak wajar.

Pihak Youtube sendiri menyangkal bahwa mereka melakukan itu (classic big corporate eh...), namun akhirnya saya mencoba untuk mencoba alternatif lain dan pilihan jatuh ke Brave Browser. So far tidak ada kendala seperti proses CPU yang tiba-tiba naik saat menggunakan Brave untuk membuka Youtube, dan browser ini berjalan dengan smooth di sistem operasi Kali Linux yang saya pakai. Sehingga disini saya akan sharing bagaimana cara memasang Brave di sistem operasi Debian dan turunannya.

Cara Install Brave Browser

Cara yang akan kita pakai adalah instalasi menggunakan apt. Dan karena saya (serta kalian) adalah end-user yang membutuhkan pengalaman browsing tanpa kendala, maka di tutrorial ini yang saya akan share adalah bagaimana cara install versi stable nya.

Pertama, buka terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo curl -fsSLo /usr/share/keyrings/brave-browser-archive-keyring.gpg https://brave-browser-apt-release.s3.brave.com/brave-browser-archive-keyring.gpg

echo "deb [signed-by=/usr/share/keyrings/brave-browser-archive-keyring.gpg] https://brave-browser-apt-release.s3.brave.com/ stable main"|sudo tee /etc/apt/sources.list.d/brave-browser-release.list

sudo apt update

sudo apt install brave-browser

Tunggu proses instalasi selesai. Jika sudah, tinggal buka saja Brave Browser dari daftar aplikasi.



Saat ini browser Brave sudah terpasang di sistem operasi kalian.

Uninstall Brave Browser

Nah jika kalian merasakan ketidakcocokan dengan Brave Browser dan ingin menghapus dari sistem kalian, berikut perintah yang harus dijalankan:

sudo apt remove brave-browser --purge

sudo rm /usr/share/keyrings/brave-browser-archive-keyring.gpg

sudo rm /etc/apt/sources.list.d/brave-browser-release.list

sudo apt update

Oke mungkin sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Bagaimana pengalaman kalian menggunakan Brave Browser? Tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Install Brave Browser di Debian dan Ubuntu"