Putar Musik di GNU/Linux dengan YouTube Music Desktop

Putar Musik di GNU/Linux dengan YouTube Music Desktop App. Oke ini hanya artikel singkat mengenai utilitas yang baru saja saya coba di Linux. Yup, sesuai judul, YouTube Music Desktop. Ini bukan aplikasi Official yang dirilis oleh tim pengembang Google maupun YouTube, namun project open source yang dimaintain oleh komunitas.

YouTube Music Desktop

Install YouTube Music Desktop

Kalian bisa compile atau build dari source codenya. Namun cara terpraktis adalah dengan mengunduh pre-built app dari halaman rilis mereka. Link:

Tersedia file yang bisa langsung dipasang untuk berbagai sistem operasi dengan ekstensi seperti .deb, .rpm, .exe, .AppImage, dll. Di tutorial ini saya menggunakan Debian dan cara installnya cukup menggunakan dpkg.

wget https://github.com/th-ch/youtube-music/releases/download/v3.3.2/youtube-music_3.3.2_amd64.deb

sudo dpkg -i youtube-music_3.3.2_amd64.deb

Fitur

Yang menjadi highlight mereka adalah fitur downloader dan juga pre-built ad-blocker. Artinya fitur downloader dan juga ad-blocker sudah menjadi bagian dari dari si aplikasi itu sendiri.

Beberapa plugin lain juga secara fleksibel bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan. Kalian bisa explore sendiri ya.

Jangan lupa juga bahwa aplikasi ini open-source dan cross-platform. Artinya kode sumbernya bisa kalian cek sendiri di GitHub. Dan dengan banyaknya pengembang yang sudah ikut berkontribusi, kita berharap saja project ini dapat terus berkembang. Dan juga utilitas keren ini bisa kalian install tidak hanya di Linux, tapi juga di Windows dan MacOS.

Nah, jika kalian tertarik, kalian bisa cek juga di GitHub mereka ya.

  • https://github.com/th-ch/youtube-music
  • https://th-ch.github.io/youtube-music/

Posting Komentar untuk "Putar Musik di GNU/Linux dengan YouTube Music Desktop"