Mengenal Runlevel pada Linux

Mengenal Runlevel pada Linux - Kali ini saya akan membahas mengenai runlevel. Apa itu linux runlevel ? Runlevel mendefinisikan status mesin setelah booting. Runlevel yang berbeda biasanya ditetapkan (tidak harus dalam urutan tertentu) ke mode single-user, mode multi-user tanpa layanan jaringan dimulai, mode multi-user dengan layanan jaringan dimulai, sistem shutdown, dan sistem sistem reboot. Penyiapan konfigurasi yang tepat ini bervariasi antara sistem operasi dan distribusi Linux. 

Runlevel pada Linux


Runlevel adalah sebuah tingkatan yang menentukan apa yang akan dijalankan pada saat sistem booting pada sistem operasi Linux. Setiap runlevel menentukan seperangkat layanan yang akan dijalankan pada saat sistem booting, dan beberapa layanan yang dijalankan pada runlevel yang berbeda akan menentukan cara sistem operasi akan digunakan.

Pada praktek standar sesuai  Linux Standard Base, runlevel dibagi menjadi tujuh level yang diwakili dari angka 0 sampai angka 6. Dimana 0 adalah halt/shutdown dan 6 adalah reboot.
Berikut daftar lengkapnya:
  • Runlevel 0: Shut down. Runlevel ini digunakan untuk mematikan sistem.
  • Runlevel 1: Single-user mode. Runlevel ini digunakan untuk memulai sistem dengan satu pengguna saja, biasanya digunakan untuk maintenance atau perbaikan sistem.
  • Runlevel 2: Multiuser mode tanpa networking. Runlevel ini digunakan untuk memulai sistem dengan beberapa pengguna, namun tidak menyertakan layanan jaringan.
  • Runlevel 3: Multiuser mode dengan networking. Runlevel ini digunakan untuk memulai sistem dengan beberapa pengguna dan menyertakan layanan jaringan. Ini adalah runlevel default pada banyak distribusi Linux.
  • Runlevel 4: Unused. Runlevel ini tidak digunakan pada banyak distribusi Linux.
  • Runlevel 5: Multiuser mode dengan networking dan tampilan GUI (Graphical User Interface). Runlevel ini digunakan untuk memulai sistem dengan beberapa pengguna, menyertakan layanan jaringan, dan menampilkan GUI.
  • Runlevel 6: Rebooting. Runlevel ini digunakan untuk me-reboot sistem.

Melihat runlevel

Untuk melihat level dari pengguna yang saat ini login, bisa menggunakan perintah who -r.
Contoh output:
run-level 5  2022-12-16 12:38
Output tersebut menjelaskan kalau saat ini saya sedang login ke desktop GUI, dengan networking, dan juga sistem dengan multiuser mode.

Berpindah Runlevel

Anda dapat mengubah runlevel saat ini dengan menggunakan perintah init atau telinit, tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Sebagai contoh, untuk mengubah ke runlevel 3, Anda dapat menjalankan perintah init 3 atau telinit 3. Atau ketika kalian ingin mematikan sistem, bisa gunakan perintah sudo init 0.

Inisiasi Runlevel saat Booting

File /etc/inittab adalah file konfigurasi yang digunakan oleh daemon init untuk menentukan bagaimana sistem operasi akan diinisialisasi saat booting. File ini berisi entri yang menentukan bagaimana daemon init harus mengatur sistem saat booting, termasuk runlevel yang akan dijalankan, proses yang akan dijalankan pada setiap runlevel, dan bagaimana daemon init akan merespon perintah untuk mengubah runlevel.

Di dalam file /etc/inittab, setiap entri terdiri dari lima bagian:

  1. Nama entri, yang merupakan sebuah kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi entri tersebut.
  2. Tipe entri, yang menentukan bagaimana entri tersebut akan digunakan oleh daemon init.
  3. Runlevel yang terkait dengan entri tersebut.
  4. Perintah yang akan dijalankan oleh daemon init saat mencapai runlevel terkait.
  5. Deskripsi entri, yang merupakan sebuah komentar yang memberikan penjelasan tentang entri tersebut.
Contoh entri dari file /etc/inittab adalah seperti ini:
# Default runlevel. The runlevels used by RHS are:
#   0 - halt (Do NOT set initdefault to this)
#   1 - Single user mode
#   2 - Multiuser, without NFS (The same as 3, if you do not have networking)
#   3 - Full multiuser mode
#   4 - unused
#   5 - X11
#   6 - reboot (Do NOT set initdefault to this)
#
id:3:initdefault:

Di sini, entri tersebut menentukan bahwa runlevel 3 adalah runlevel default yang akan dijalankan saat sistem booting.

Baiklah sekian artikel kali ini, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Runlevel

Posting Komentar untuk "Mengenal Runlevel pada Linux"