Cara Install MariaDB di Ubuntu dan Debian

Selasa, 31 Juli 2018

Cara Install MariaDB di Ubuntu dan Debian -  Kali ini saya akan sharing bagaimana cara install MariaDB di Ubuntu maupun Debian. Secara default MariaDB memang sudah ada di repository Ubutnu maupun Debian, serta kebanyakan distro linux memang sekarang sudah menyediakan MariaDB di repository mereka. Namun, di Ubuntu versi MariaDB yang tersedia biasanya tertinggal jauh jika dibanding versi stable yang sudah dirilis. Solusinya kita bisa pasang repository MariaDB terlebih dahulu.


Memasang Repository MariaDB
Untungnya situs official MariaDB sudah menyediakan script installer repository yang mendeteksi sistem operasi yang kita pakai dan juga versi rilisnya, sehingga kita tinggal jalankan saja script tersebut dengan sekali eksekusi.
curl -LsS https://downloads.mariadb.com/MariaDB/mariadb_repo_setup | sudo bash

Install MariaDB
Sekarang kita sudah memasang repository MariaDB sehingga ketika kita menginstall MariaDB menggunakan apt yang akan digunakan adalah MariaDB dari repository official MariaDB bukan lagi dari repository Ubuntu/Debian.
sudo apt-get install mariadb-server mariadb-client

Mengamankan MariaDB
Selanjutnya adalah proses mengamankan MariaDB setelah proses instalasi. Langkah ini meliputi ubah password root, hapus anonymous user, hapus database test, disable remote login user root, dll.
sudo mysql_secure_installation
Contoh output:

Selanjutnya kita coba login ke mysql menggunakan password yang kita buat sebelumnya.

Mudah bukan? Sekian tutorial kali ini, jangan lupa share, dan jika ada yang kurang jelas silahkan komentar.

Artikel Terkait Database ,MariaDB ,Server