Menambahkan File Swap di GNU/Linux

Cara Mudah Membuat File Swap di Linux. Swat di Linux ada dua jenis yakni swap berbentuk partisi maupun file. Nah yang menggunakan partisi ini swap nya berbeda partisi dari sistem. Kelebihannya, kita cuma butuh satu partisi swap meski ingin menginstall banyak varian linux. jadi misal dual boot Debian dan Ubuntu, kita cuma butuh satu partisi swap.

Kedua adalah swap file. Swap file ini dibuat menyatu dengan file system. Kelebihannya, ukuran swap ini fleksibel alias bisa dirubah rubah. Jadi yang biasa ngubah kapasitas swap cocok pakai swap file, tapi kekurangannya, swap file ini hanya millik sistem yang berjalan saat itu. Jadi jika swap file di Ubuntu tentu tidak terbaca saat kalian boot ke Debian. Satu lagi, Swap file lebih lambat dalam hal performa dibanding swap partisi. Pembahasan ini sudah pernah saya tulis di artikel tentang kegunaan swap.


Di tutorial sebelumnya saya juga pernah membahas bagaimana cara membuat dan mengaktifkan swapfile dengan menggunakan perintah dd. Nah, yang lebih simple adalah menggunakan perintah fallocate. Perintah ini bisa digunakan untuk membuat satu blok file yang nantinya akan kita gunakan sebagai swapfile.

Misal, kita akan membuat swap file dengan ukuran 4GB maka perintahnya
sudo fallocate -l 4G /opt/linux_swap
Maka akan tercipta swap file berukuran 4GB di direktori /opt/ dengan nama file linux_swap. Selanjutnya kita bisa ubah permission di file tersebut agar tidak bisa sembarangan diakses.
sudo chmod 600 /opt/linux_swap
File diatas sudah siap dijadikan sebagai swap, namun belum aktif. Langka selanjutnya adalah mengaktifkan file tersebut. Setelah file swap terbentuk, kita ubah formatnya agak menjadi swap file dan selanjutnya kita aktifkan dengan perintah
sudo mkswap /opt/linux_swap 
sudo swapon /opt/linux_swap
Saat kalian membuat file swap diatas, swap sebenarnya sudah aktif dan langsung dipakai. Namun sifatnya hanya temporary dan dan hilang akan saat direboot. Untuk membuatnya persistent dan membuatnya langsung aktif berjalan saat booting, gunakan perintah berikut
echo '/opt/linux_swap none swap sw 0 0' | sudo tee -a /etc/fstab
Untuk mengecek status swap, jalankan perintah:
sudo swapon --show

Baiklah kalian telah berhasil membuat dan mengaktifkan file swap di Linux. Untuk memeriksanya, bisa gunakan perintah htop. Sekian artikel kali ini dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Posting Komentar untuk "Menambahkan File Swap di GNU/Linux"