Monitoring Cloud Server menggunakan CloudStats

Minggu, 29 September 2019

Monitoring Cloud Server menggunakan CloudStats. Oke kali ini saya akan sharing salahsatu situs monitoring server yang mungkin bisa kalian coba. Bagi yang menginstall panel untuk manajemen server, mungkin layanan monitoring seperti ini tidak dibutuhkan, namun jika kalian tidak menggunakan panel, penggunaan layanan server monitoring seperti ini sedikit banyak akan membantu.
Saya sendiri awalnya menemukan atau mengetahui web ini karena iklannya yang sering banget nongol di Facebook. Awalnya sih memang saya acuhkan, namun karena tiap hari ketemu terus akhirnya saya coba klik. Ternyata CloudStats juga menyediakan paket free selain paket premiumnya.

Kira-kira ini fiturnya:
Jika kita menggunakan yang versi premium ada fitur backupnya juga ternyata. Untuk biaya langganan premiumnya per bulan $5 namun disini karena saya baru coba-coba, saya pakai yang free dulu.

Langsung saja kalian bisa daftar melalui link berikut:

  • https://app.cloudstats.me/users/sign_up

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya daftar ya. Mirip daftar akun sosial media, cuma butuh email, nama, dan password.

Skip, setelah daftar kita akan masuk menu Add Monitor.
Klik Add New Server. Lalu pilih jenis servernya (Windows atau Linux).
Untuk Linux, OS yang didukung adalah CentOS, Debian, Ubuntu, dan Fedora. Setelah dipilih, kalian akan mendapatkan command untuk memasang CloudStats client di server kalian.
Remote Calls digunakan untuk menjalankan command dan mengirimnya ke server melalui dashboard CloudStats. Fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna premium jadi di tutorial ini tidak saya aktifkan.

Oke, copy command nya, lalu jalankan di server.
Script installer tersebut akan menginstall agent beserta dependensi yang dibutuhkan. Saat muncul "Done collection information" di terminal, klik Finish pada web CloudStats.
Contoh output di terminal jika instalasi dianggap selesai:
I, [2019-09-29T01:57:00.237521 #21279]  INFO -- : Response: {"ok":true}
I, [2019-09-29T01:57:00.238120 #21279]  INFO -- : Done publishing
saaya@popipa:~$
Selanjutnya kalian bisa melihat statistik server kalian melalui dashboard CloudStats.
Berikut penampakannya:


General

Disk

Process

Oke mungkin itu saja sharing kali ini, kalian bisa coba sendiri. Atau kalau ada yang pernah coba dengan plan Premium bisa juga share pengalaman kalian disini.

Artikel Terkait Server ,Utilities