Menambahkan Tool BackBox Linux di Ubuntu

Rabu, 08 Januari 2020

Menambahkan Tool BackBox Linux di Ubuntu. Kadang saya membutuhkan beberapa tool dari distribusi pentest namun karena memang bukan seorang pentester dan sangat jarang menggunakan tool tool tersebut, saya enggan memasang OS pentest di harddisk dan lebih memilih untuk menggunakan Ubuntu. Untuk mendapatkan tool tool tersebut di Ubuntu kita bisa saya melakukan compile dari source code yang tersedia di GitHub, namun itu akan sangat memakan waktu terutama jika tool tersebut memiliki dependensi yang sangat banyak.

Solusinya, kita bisa memasang repository BackBox Linux di Ubuntu yang kita gunakan. Kenapa repository BackBox, karena repository inilah menurut saya merupakan repository dari distro pentest turunan Ubuntu yang paling update. Dan alasan lain tentunya karena BackBox merupakan turunan Ubuntu maka akan sangat kecil kemungkinan paket yang terinstall nanti berbenturan dengan paket yang disediakan oleh Ubuntu.

Memasang Repository BackBox
BackBox Linux selalu berbasis Ubuntu LTS. BackBox 4 berbasis Ubuntu 14.04 LTS, BackBox 5 berbasis Ubuntu 16.04 LTS, dan yang terbaru BackBox 6 berbasis Ubuntu 18.04 LTS. Saya menyarankan kalian untuk memasang repository BackBox di versi Ubuntu yang sesuai sekali lagi untuk menghindari terjadinya paket yang berbenturan atau malah terjadinya dependency hell.

Sebelum memasang repository BackBox, install software-properties-common agar kita bisa menggunakan command add-apt-repository.
sudo apt-get updare
sudo apt-get install -y software-properties-common
Cara pasang rpository BackBox 4 di Ubuntu 14.04 LTS
sudo add-apt-repository ppa:backbox/four
sudo apt-get update
Repository ini masih tersedia namun sudah tidak di maintain lagi. Tools yang tersedia sudah sangat usang.
Cara pasang repository BackBox 5 di Ubuntu 16.04 LTS
sudo add-apt-repository ppa:backbox/five
sudo apt-get update
Cara pasang repository BackBox 6 di Ubuntu 18.04 LTS
sudo add-apt-repository ppa:backbox/six
sudo apt-get update
Disini saya menggunakan Ubuntu 18.04 LTS maka yang saya pasang adalah repository BackBox 6.

Menginstall Tool dari Repository BackBox
Setelah repository terpasang ke sistem, kita bisa menginstall tool yang tersedia di BackBox ke sistem operasi Ubuntu yang kita gunakan. Sebagai contoh, disini saya akan coba install sqlmap.

Menghapus Repository BackBox
Jika kalian sudah tidak membutuhkan repository BackBox lagi di sistem operasi Ubuntu kalian, kalian bisa menghapusnya dari sistem. Caranya sama seperti bagaimana cara menghapus repository PPA pada umumnya. Contoh disini saya ingin menghapus repository BackBox 6.
sudo add-apt-repository --remove ppa:backbox/six
Oke mungkin itu saja tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait BackBox ,Ubuntu