Optimasi Database MySQL dan MariaDB Menggunakan Bantuan MySQLTuner

Kamis, 02 Januari 2020

Optimasi Database MySQL dan MariaDB Menggunakan Bantuan MySQLTuner. Oke kali ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana kita mengoptimalkan kinerja MySQL ataupun MariaDB menggunakan bantuan dari MySQLTuner.

MySQLTuner adalah script yang ditulis dalam Perl yang akan membantu kalian dengan memberikan rekomendasi pengaturan atau konfigurasi MySQL untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas database. Tool ini sangat membantu, terutama yang kurang begitu paham mengenai parameter parameter yang akan diubah di konfigurasi database nantinya. Kurang paham disini bukan berarti buta samasekali. Untuk parameter yang akan diubah sendiri kalian bisa sambil baca-baca dokumentasi MySQL atau MariaDB.

Oke langsung saja, untuk menggunakan MySQLTuner cukup download dan jalankan scriptnya.
wget http://mysqltuner.pl/ -O mysqltuner.pl
sudo perl mysqltuner.pl

Untuk rekomendasi konfigurasi kalian bisa cek di akhir output.

Disitu tertera ukuran ideal untuk innodb_log_file_size. Kalian bisa atur di /etc/mysql/my.cnf, atau di MariaDB ada di /etc/mysql/mariadb.conf.d/50-server.cnf (sebenarnya terserah mau edit file yang mana, selama masih berada di direktori /etc/mysql/mariadb.conf.d/).
Intinya tinggal kalian sesuaikan saja rekomendasi dari MySQLTuner ke file konfigurasi MySQL atau MariaDB.

Jangan lupa restart MySQL atau MariaDB kalian.
sudo service mysql restart
atau
sudo service mariadb restart
Jalankan kembali MySQLTuner untuk melihat apalagi yang perlu dirubah atau disesuaikan.

Oke mungkin itu saja sharing singkat kali ini, lain waktu saya update lagi artikelnya. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan komentar dibawah.

Artikel Terkait Database ,MariaDB ,MySQL