Penggunaan While Loop pada Bash Scripting

Kamis, 04 Juni 2020

Penggunaan While Loop pada Bash Scripting. Dalam pemrograman, looping adalah salahsatu konsep fundamental yang akan sangat membantu dalam pekerjaan multi tasking. Di bash scripting sendiri kita bisa menggunakan beberapa fungsi untuk looping antara lain for, while, dan until. Nah di tutorial ini kita akan membahas penggunaan while untuk looping di bash.

Secara garis besar penggunaan looping menggunakan while adalah sebagai berikut
while [kondisi]
    do
        perintah pertama;
        perintah kedua;
done
Contoh sederhana:
#!/bin/bash
line=0
while [ $line -le 5 ]
do
  echo This is number $line
  ((line++))
done
Dalam contoh di bawah ini, pada setiap iterasi, nilai saat ini dari variabel i dicetak dan bertambah satu. Variabel $line bernilai awal 0. Script diatas akan melooping sampai baris ke 5 secara berurutan. -le artinya less than or equal to. Kalian bisa baca mengenai Bash Conditional Expressions.


Menghentikan Loop dengan Break
Kita bisa menaruh break statement didalam looping, untuk menghentikan looping ketika suatu kondisi terpenuhi.

Sebagai contoh, pada script diatas looping akan berhenti di baris ke 6. Namun kita bisa menghentikan looping (ambil contoh) pada baris ketiga dengan menggunakan break dan if statement.
#!/bin/bash
line=0
while [ $line -le 5 ]
do
  echo This is number $line
  ((line++))
 if [[ "$line" == '3' ]]; then    break  fidone

Infinite Loop
Infinite loop menggunakan while bisa dilakukan dengan cara menjadikan kondisi selalu true. Kalian bisa menggunakan command : atau true untuk mendapatkan infinite loop. Perintah tersebut bisa di stop dengan menekan tombol Ctrl + C.

Contoh bash script:
while true; do echo "this is infinite loop";done
Maka perintah diatas akan mengulang echo dari this is infinite loop sampai kita menghentikannya. Kalian juga bisa memberikan delay dalam satuan detik menggunakan sleep.
while true; do echo "this is infinite loop"; sleep 5;done
Perintah diatas akan melooping output this is infinite loop dengan delay selama 5 detik.

Oke mungkin sekian tutorial kali ini, sebenarnya masih ada yang ingin saya tambahkan namun berhubung sudah mengantuk saya skip dulu. Akan saya update artikelnya jika sudah sempat.

Artikel Terkait Bash Scripting