Pengalaman Pertama Saat Menggunakan Linux

Minggu, 13 Desember 2015

Berhubung bingung mau nulis apa, kali ini saya share tulisan ringan saja tentang pengalaman menggunakan linux. Awal saya menggunakan Linux, kenapa saya tertarik dengan Linux, dan apa yang saya dapat dari Linux.

Saya pertama kali mencoba linux di awal tahun 2013. Sekitar bulan April 2013. Belum lama sih. Waktu itu alasan saya ingin mencoba Linux adalah ketertarikan saya terhadap Metasploit. Oleh karena itu, Linux pertama yang saya coba adalah Kali Linux, dual boot dengan Windows 8. Wow, ggwp lah baru pertama kali pake linux langsung pake kali.

Namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan, permasalahan pertama yang saya hadapi adalah driver Wireless yang tidak terdeteksi. Sudah mencoba mencari solusi sana sini tapi tidak ada penyelesaian. maklum, masih pemula di Linux, langsung dapat problem di WiFi. Akhirnya saya menyerah. Hanya 3 hari menggunakan kali Linux, saya balik lagi ke Windows. Partisi Linux nya saya hapus. Seminggu kemudian saya mencoba menginstall Ubuntu. Asal klik saja sebenernya, dan "berhasil" . Saya cukup senang waktu itu. Namun setelah direboot dan tau bahwa saya secara tidak sengaja waktu melakukan penginstallan tadi juga mengapus partisi Windows, pikiran saya benar benar kacau. Penyesalan pertama, Windows 8 yang terhapus tersebut adalah WIndows 8 Original, pre-installed bawaan laptop. Kedua, partisi D dan E nya juga ikut terhapus. Semua tugas, laporan, dan modul matakuliah saya di disk D ikut terhapus, yang artinya saya harus mengerjakan ulang semua laporan yang terhapus itu. Sementara di E ada banyak koleksi JAV HD yang terhapus. Karena hal itulah, laptop yang sudah terinstall Ubuntu itu tidak saya sentuh selama 2 hari. Soalnya kalo megang laptop rasa nya masih sakit banget *lebay .

kemudian saya mencoba bangkit *wkakaka . Berhubung di Ubuntu tersebut driver WiFi nya sudah terinstall, saya download Windows 7 bajakan beserta aktivator nya . Harus diakui memang, saya belum bisa full migrasi ke Linux. Karena aplikasi Windows untuk mata kuliah macam Inventor tidak bisa dijalankan di Wine. Singkatnya sekarang saya dualboot Windows 7 ( bajakan ) dengan Ubuntu 14.04 . Namun hanya seminggu menggunakan Ubuntu, saya merasa kurang. Banyak tools yang harus diinstall dan bukannya tidak bisa, tetapi cukup ribet kalo harus install satu satu. Mulai dari Metasploit, Nmap, sqlmap, dan alat audit security yang lain.

Dari sinilah saya akhirnya mencoba BackBox Linux. Distro penetration testing turunan Ubuntu. Saat pertama melihat interface BackBox ini, saya langsung tertarik. namun masalahnya sama seperti saat menggunakan kali Linux, driver wifi bermasalah. Saya pernah baca kalau Realtek ( Driver WiFi saya realtek ) memang kurang cocok dengan BackBox. Sempat berpikir untuk balik ke Ubuntu, namun akhirnya saya putuskan untuk tetap menggunakan backBox Linux. Setelah mencari solusi sana sini, akir nya ketemu jawaban, yautu dengan menginstall ulang module realtek di BackBox.

Yosh, masalah pertama selesai. ternyata ada masalah lain, setelah diupdate windows border hilang. dan artikel tentang backbox ini sangat minim di Google. Akhirnya dengan mencoba sendiri, masalah bisa diselesaikan.

Sebenarnya, tantangan saat mengatasi masalah yang ada itulah, yang membuat menggunakan OS Linux menjadi menarik.
Sampai saat ini pun saya masih menggunakan BackBox Linux. Untuk interface sudah sering gonta ganti mulai gnome classic, cinnamon, mate, dll.
Dan di blog ini banyak sekali artikel tentang linux, sebenarnya selain untuk dibagikan ke pembaca, itu juga sebagai arsip pribadi saya. Jika sewaktu waktu butuh tidak perlu repot googling.

Dari tulisan diatas bisa disimpulkan bahwa mungkin kita tidak langsung berhasil saat mencoba hal baru. bahkan mungkin akan menghadapi musibah. Contohnya salah set partisi yang malah menyebabkan file hilang semua. Tapi dengan itu kita jadi punya pengalaman di masa mendatang bukan ?

Dan bagi yang ingin mencoba Linux, buang jauh jauh mindset bahwa " linux itu rumit, linux itu susah " . Linux secara interface sudah menyamai Windows, tidak ada yang sulit.
Dan satu lagi, jangan terlalu memaksakan diri, misalnya, biar dianggep keren, pakai Kali Linux padahal lebih mudah pakai Arch Linux, dsb. Semua Linux itu keren. Tergantung penguna nya.
Toh meski pakai Kali Linux, kalau ceroboh tetep bisa dibobol.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Linux, karena Linux itu keren. ✌

Update 08/02/2018
Wow, saya tidak menyangka ternyata artikel yang hanya berisi pengalaman pribadi saya saat menggunakan GNU/Linux untuk pertama kali ini mendapat banyak respon dan juga pembaca. Terimakasih karena sudah meluangkan waktunya . Share juga pengalamanmu menggunakan GNU/Linux di komentar.

Artikel Terkait Artikel ,General ,Linux

49 komentar:

Nurhasri Ainun mengatakan...

Masih kurang paham yg gituan

Arek Banyuwangi mengatakan...

enaknya linux jarang trkena virus gan

Jack Wilder mengatakan...

coba coba aja dulu, dualboot

Kahfi Masputra mengatakan...

Joss gan, bermanfaat banget nih post

Jack Wilder mengatakan...

nah itu yg bikin saya suka.

Dzikri Ihsani mengatakan...

Bermanfaat sekali, bisa dicoba gan (y)

julia novella mengatakan...

pengen nya sih pindah ke linux tapi masalahnya itu tadi, waktu habis oleh adaptasi

Adelio Cetta mengatakan...

Belum pernah pake linux..
kayaknya keren tuh

Jack Wilder mengatakan...

coba aja dulu haha

Jack Wilder mengatakan...

sip2

Aizen MFZ mengatakan...

gan apa betul ya kalo make linux itu bisa terhindar dari virus ?

mimi mengatakan...

menurut ane pribadi, arch linux itu rumit loh gan
pas pertama installnya aja horror
wong CLI semua

Jack Wilder mengatakan...

kalo itu nya sih iya wkaka. tapi maksudnya dalam penggunaan sehari2 . orang arch sama backbox cuma 11 12 :v

Jack Wilder mengatakan...

bukan gak ada virus sih tapi hampir gak ada virus yang nyerang sistem linux xD

apip robbani mengatakan...

iya linux enak untuk di oprek lain-lain

Jack Wilder mengatakan...

yosh open source is better

abayamin exit mengatakan...

Linux Program yang sulit brader. jadi saya ijin mengamati aja yaa

Jack Wilder mengatakan...

baca artikel nya enggak nih ?

Damai Putra mengatakan...

pengen nyoba linux tapi gak tau cara nya ..

Benedictus Aji mengatakan...

Nice post, saya dulu mau coba kali linux cuma takut kalo ada apa" jadinya pake elementary os :D

Jack Wilder mengatakan...

elemtary os DE nya keren

Jack Wilder mengatakan...

sambil baca2 di google aja sih gan hehe

Putra Ramadhan mengatakan...

nice gan ane jadi tambah ilmu hehehe

Raden Doni mengatakan...

Nice info.. Nyimak gk punya lepi.. :'D

mimi mengatakan...

iya sih gan kalo dalam penggunaan sehari hari mah sama aja sih
kita sama gan pernah keformat HDD gara gara install linux dan foto foto alay ane sekaligus laporan praktikum lenyap semua :v

Anonim mengatakan...

duh ngiler pengen nyoba gan tpi takut gagal, lah agan gagal n bangkit krna ada dukungan lah ane gagal koneksi ajah pake modem belum kuota ajah cuma paketan murah wkwkwkwk

yoga rianda mengatakan...

Wkkwkw pengalamanya sama persis sama ane om kecuali bagian JAV nya yaa, Windows 8 ori kedelete trus Install Windows 7 dengan penuh frustasi😂😂😂
Tapi key w8 nya bisa ane dapetin lagi om wkwwkwk karena tersimpan di bios ngga jadi rugi lh buat key w8 nya...

yoga rianda mengatakan...

Wkkwkw pengalamanya sama persis sama ane om kecuali bagian JAV nya yaa, Windows 8 ori kedelete trus Install Windows 7 dengan penuh frustasi😂😂😂
Tapi key w8 nya bisa ane dapetin lagi om wkwwkwk karena tersimpan di bios ngga jadi rugi lh buat key w8 nya...

willy bordeus vernanda mengatakan...

pengalaman saya juga sama. partisi windows nya juga ke hapus 😁

Anonim mengatakan...

sama gan :3

Vinsen Liu mengatakan...

Setau saya...sejak windows 8 key akan tersimpan di laptop secara otomatis di bios...jadi kita tinggal install versi windows 8 yang sama dengan pre-instaled nya...btw,sama dong coba linux di tahun 2013...distro pertama saya coba linux adalah Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

nanda lintang mengatakan...

gan ane udah instal kali linux 2016.2 tapi ampe skrang belum nemu solusi buat driver wifinya bargkali agan punyak pencerhan? btw driver wifi ane broadcom

yoiyok mengatakan...

pertama pakai kali linux, terus instal linset,masih blm paham soal security, akhirnya sekarang pakai linux mint dulu he he..

haris yoga mengatakan...

gan klo ane kejadiannya sama kehapus partisi windows yg asli tapi ane windows10, terus klo masalah relatek nya ne di audio, cara mengatasinya tuh gimana gan untuk audionya suara, klo pake headshet bisa tpi speaker gak bersuara

Fadil Jr mengatakan...

pengalaman kita hampir sama min :'v tp ane gk ada javnya :v

Agung Dika mengatakan...

Gan gw baru saja iseng instal deepin udah berhasil tp maslahnya pointer mousenya ngga kelihatan cara benerinya gimana ya...?

Muhammad Hafid mengatakan...

Asik pokoknya

Jack Wilder mengatakan...

wkwk

Jack Wilder mengatakan...

saya belum pernah coba deepin gan. coba tanya2 di forum deepin saja

Jack Wilder mengatakan...

mantap

Jack Wilder mengatakan...

https://www.linuxsec.org/2016/11/fix-sound-ubuntu.html

coba itu

Jack Wilder mengatakan...

well, saya sendiri jadi tau banyak tentang security seletah pakai linux :D . mungkin karena terbiasa..

Jack Wilder mengatakan...

cek dulu wifi hardware nya pakai apa

Jack Wilder mengatakan...

saya juga sempet mikir gitu :D tapi sama aja gak bisa.

Jack Wilder mengatakan...

ke wifi.id wkwk. saya awal2 pakai linux juga jadi keseringan ke tempat wifi entah di wifi.id atau di lab gara2 gak punya koneksi sendiri

Jack Wilder mengatakan...

ahaha oke

Jack Wilder mengatakan...

sipp

Jack Wilder mengatakan...

thanks bro

Cy#b3r00T mengatakan...

Wasu true persis kek gua min :"V

Posting Komentar