Alasan Ubuntu Linux Tetap Lebih Keren dari Windows 10

Minggu, 31 Januari 2016

Yup kali ini saya akan menulis sedikit opini dan disertai fakta kenapa Ubuntu tetap lebih keren dari Windows 10. Karena pada dasarnya semua OS Linux memang lebih keren dari Windows. hoho *mancingmania . Tapi disini akan saya paparkan kenapa Ubuntu Linux tetap lebih unggul.



Privasi
Jelas privasi pengguna adalah hal yang wajib diperhatikan. Dan di awal perilisannya Windows 10 sudah membuat "blunder" dengan fitur "spying" nya. Yup, fitur yang mengirim setiap ketikan user Windows ini ditujukan Microsoft untuk meningkatkan speeling / kamus OS Windows. Namun tentu banyak orang menganggap ini merusak privasi mereka. Yah meskipun pada akhir nya kita diberi opsi agar bisa mematikan opsi ini, tetap saja ini membuat kesan yang buruk.

Tampilan DE yang Permanen
Yup, silahkan perbandingan tampilan Windows 8 ke Windows 10, meskipun sebagian beranggapan kalau perubahan itu positif,  namun tentu sebagian orang yang terlanjur nyaman dengan tampilan DE yang lawas ingin mempertahankan tampilannya.
Berbeda dengan Ubuntu Linux yang bebas mengganti DE nya sesuka hati, bahkan dari Gnome ke xfce pun gampang.

Keamanan
Yep, we talk about security. Sepertinya varian virus TETAP akan menargetkan sasarannya ke Windows. Dan kita diharuskan memberi keamanan tambahan seperti Anti Virus Premium yang secara legal harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Itupun beberapa virus yang tidak ter include di dalam database AV nya tetap langgeng masuk ke OS. Dan sepertinya Ubuntu tidak punya masalah dengan itu.

Tapi Windows support untuk gaming ..
Yep, dari dulu emmang itu yang diunggulkan Windows. Tapi di 2016 ini, game di steam pun akan lebih banyak yang di develop agar support di Linux. Kecuali kalian penggemar game tani ( bajakan ) loh ya..

Dan yang terakhir, ini menurut saya pribadi sih .
Windows 10 "mencontek" beberapa fitur di Ubuntu Linux.
Contohnya Desktop workspaces. Yep fitur yang mungkin barang baru bagi pengguna Windows tersebut sudah sejak lama tersedia di Ubuntu Linux.
Serta Package Manager Windows Store. Di Ubuntu fitur tersebut sudah ada sejak lama . hoho.

Jadi, tunggu apalagi ?
Coba Ubuntu Linux sekarang jika. :D
Go Linux, Go Open Sources.

Artikel Terkait Artikel ,General ,Linux