Baca Manga Bertema Linux dan Open Source Ubunchu!

Apa diantara kalian ada yang suka baca manga atau komik? Dan kalian juga penggiat open source? Nah, bagaimana jika ada komik dengan tema open source? Seru dan keren pastinya. Kali ini saya akan share saja buat yang belum tau, ada manga yang bertema Linux bernama "Ubunchu" .

Manga ini sudah ada sejak 2008. Lumayan seru untuk bacaan kalian. Berikut sinopsisnya:

Akane Kisaragi, Masato Midou, dan Risa Shiina merupakan anggota dari Klub Sistem Administrasi. Suatu hari Risa menemukan sebuah CD yang berisi file Ubuntu dan meminta kepada teman-temannya untuk mengintal OS tersebut ke komputer mereka satu-satunya di ruangan klub. Namun kekacauan pun terjadi ketika Masato Shidou si fanboy windows dan Akane Kisaragi si fangirl Linux berdebat mengenai OS siapa yang lebih baik, maka oleh karena itu Risa langsung menyarankan mereka untuk menggunakan Ubuntu agar bisa menengahi mereka. Namun, tak disangka ternyata beberapa hari setelah itu keseharian mereka pun menjadi berubah setelah adanya Ubuntu ini. 

Salah satu seri dari Ubunchu adalah "Ubuntu Tiba" dimana terjadi sedikit perseteruan antara ketua klub yang pengguna GNU/Linux berbasis CLI, dan wakil ketua yang seorang pengguna Windows serta satu member lagi pengguna MacOS.

Saya kasih liat covernya 
Nah seri dari Ubunchu sendiri ada banyak.

  • Seri 1 : Ubuntu Tiba
  • Seri 2 : CLI dan Kurcaci
  • Seri 3 : Masih Takut Forum
  • Seri 4 : Kisah Tiga Kelinci
  • Seri 5 : Munculnya Kakak Pertama
  • Seri 6 : Hari Sempurna Bagi Koala
  • Seri 7 : Festival Spesial
  • Seri 8 : Melenguhkan Kau Hari Ini

Nah, semua seri diatas bisa didapat di linux.or.id
Untuk seri Ubuntu Tiba sudah saya gabungkan biar lebih mudah membaca nya, juga sudah saya convert ke bentuk PDF. Untuk seri lain akan saya upload segera, masih males soalnya haha. Atau jika kalian ingin cari yang versi bahasa inggris, bisa cek di Google langsung.

Menurut saya pribadi, manga ini cocok untuk kamu yang masih belum paham sama sekali mengenai Linux dan Ubuntu karena dalam manga ini dijelaskan tentang basic Ubuntu. Jadi, apabila kamu kesulitan mempelajari Ubuntu sebelumnya, maka tak ada salahnya untuk mencoba belajar dengan membaca manga Ubunchu! ini.

8 komentar untuk "Baca Manga Bertema Linux dan Open Source Ubunchu!"

Comment Author Avatar
ijin nyimak gan.. jangan lupa BW balik yahh hahahha
Comment Author Avatar
Minyak Eh Nyimak Gan :v
Comment Author Avatar
kayaknya seru gan, izin baca.. btw kok adanya cuman eps 1 gan?
Comment Author Avatar
Wew,selain ada OS nya ternyata ada komik nya juga wkkwkw
Comment Author Avatar
kalo ada komik yang lain gan, blum pernah baca yang itu..
Comment Author Avatar
Waduh baru tau saya ada manga yang benar2 ngebahas linux, maaf saya numpang share link ini ke artikel saya ya gan XD

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.