Kecoak Elektronik, Kelompok Hacker Tertua di Indonesia

Kali ini saya hanya akan menulis artikel ringan mengenai Kecoak Elektronik. Yap, mungkin banyak yang belum tau tentang kelompok hacker Indonesia yang terbentuk di tahun 1995 ini. Pada awalnya mereka menggunakan IRC dan Milis untuk berdiskusi, dan akhirnya memiliki forum (saat ini forumnya sudah ditutup).

Siapa Kecoak Elektronik?

Mereka adalah para hacker yang memanfaatkan kemahirannya di bidang sekuriti komputer sebagai alat untuk mengekspresikan kepedulian sosial dan politik mereka. Itu sebabnya mereka yang termasuk dalam generasi ini sering dijuluki hacktivist. Julukan yang sama juga diberikan para aktivis yang telah mempersenjatai diri dengan kemampuan di bidang sekuriti komputer. 

Kecoak Elektronik

Berikut beberapa pentolan dari Kecoak Elektronik sendiri:
byteskrew, cahcephoe, cbug, ceyen, cyberheb, cybertank, deglen, elz, fr0d0, fwerd, nixel, nukemafia, opik, ph03n1x, r0t0r, r3dshadow, samuraihack, xfree86setup

Daftar codename diatas saya ambil dari web Kecoak Eletronik.

Aksi Peretasan

Pada 18 Januari 1998, Kecoak Elektronik membobol situs web milik POLRI, BPK, DKI, HIPMI, belasan situs korporasi, dan beberapa situs institusi lainnya dalam rangka kampanye yang mereka sebut Kampanye Anti-Soeharto.

Ini beberapa tampilan script deface mereka semasa kampanye anti-soeharto.

.
Ini tampilan Situs Polri ketika diretas Kecoak Elektronik pada 1998.

Live preview:
  • http://www.2600.com/hackedphiles/timor011998/indo3/
Beberapa tulisan tentang Kecoak Elektronik dan aksi nya bisa kalian baca di ebook The Internet in Indonesia's New Democracy.

ByteSkrew, salah satu pentolan Kecoak juga pernah meretas Portugal University of Coimbra pada saat terjadi konflik Timor Timur.

Kecoak Elektronik memiliki situs yang beralamat di kecoak.or.id. Sebelumnya kecoak.org.
Situs tersebut sampai sekarang masih aktif, namun sudah jarang update.

Tahun 2013 lalu forum Kecoak Elektronik (saat itu ada di alamat forum.kecoak.or.id) , diretas oleh Hmei7, hanya beberapa jam setelah mereka memposting penolakan tentang #OPAustralia, Rejected Kid!.
Sangat disayangkan memang, kata kata yang digunakan terlalu kasar, terkesan sombong dan arogan.

Mungkin sekian dulu yang bisa saya sampaikan , dan tentunya semua elemen underground sangat menunggu Kecoak bakal aktif kembali.

9 komentar untuk "Kecoak Elektronik, Kelompok Hacker Tertua di Indonesia"

Comment Author Avatar
baru tau gan saya kalau indonesia ada h*c*ernya
Comment Author Avatar
Nama yang cocok untuk hacker :3
Comment Author Avatar
Baru tau, ternyata kecoak elektronik adalah yang tertua... BTW namanya coeg sekalee :v
Comment Author Avatar
Siapa sih hmei7 ? sejak gua turun kedunia maya ini saya terus bertanya tanya :/
Comment Author Avatar
salah satu pentolanx kerja sekantor dengan saya, ketahuan pas liat file yang dikirim detail nama authornya pake nama salah satu member

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.