Alldeb - Permudah Install Aplikasi Secara Offline

Wednesday, December 28, 2016

Sebagaimana kita ketahui, Ubuntu menggunakan sistem manajemen paket APT dimana aplikasi terpisah dalam paket-paket kecil yang disimpan di repository. Sistem seperti ini memiliki banyak keuntungan, namun juga memiliki kelemahan yaitu diperlukannya koneksi internet ke repository untuk memperoleh semua dependensi terkait. Dengan demikian, pengguna yang komputernya tidak memiliki koneksi internet, akan mengalami kendala karena kesulitan memperoleh dependensi yang dibutuhkan.


Dari permasalahan tersebut munculah Alldeb. Alldeb adalah program shell script sederhana yang berfungsi untuk memudahkan menginstal program di Linux secara offline dan untuk mem-backup aplikasi Ubuntu yang telah terinstal lengkap dengan dependensinya ke dalam satu paket berkas berformat .alldeb, untuk distro Ubuntu. Alldeb memanfaatkan kemampuan apt-get dan dpkg sehingga dapat digunakan juga di BlankOn, Linux Mint, Kali Linux, Zorin OS, elementary OS dan distro-distro lain turunan Debian.

Program  buatan Nifa Dwi Kurniawan dari Forum Ubuntu Indonesia ini ditujukan untuk membantu instalasi aplikasi Ubuntu tanpa koneksi internet langsung. Konsep alldeb sama dengan .exe di Windows atau .dmg di Mac OS X. Konsep itu sama yaitu single offline installer.

Pengguna cukup mengunduh 1 file untuk 1 aplikasi. Tidak dibutuhkan koneksi internet langsung dari komputer pengguna untuk menginstal aplikasi. Dan instaler aplikasi bisa disimpan untuk diinstal kembali kapan saja. Baik di komputer sendiri dan komputer orang lain.

Berikut beberapa contoh kasus dimana alldeb dapat bermanfaat bagi Anda:

1). Anda pengguna Ubuntu yang tidak memiliki koneksi internet.
Anda hanya perlu membuat file alldeb dari komputer yang memiliki koneksi internet (di warnet, kampus, milik teman, dll), lalu membawa file alldeb tersebut ke komputer Anda. Dengan file alldeb tersebut, Anda tidak memerlukan koneksi internet ke komputer Anda untuk melakukan installasi aplikasi.

2). Ada teman atau kerabat Anda yang menggunakan Ubuntu dan tidak memiliki akses internet.
Anda dapat membuatkan file alldeb untuk mereka, lalu memberikannya agar mereka dapat menginstall aplikasi di komputer masing-masing dengan mudah.

3). Anda adalah seorang administrator di sebuah kantor/sekolah/instasi yang memiliki banyak komputer dengan OS Ubuntu.
Anda dapat menggunakan alldeb untuk menginstall aplikasi di semua komputer tersebut. Anda hanya perlu satu kali koneksi internet untuk membuat file alldeb, lalu menyalin file alldeb ke semua komputer yang ada.

4). Anda ingin menginstall ulang OS Ubuntu di komputer Anda.
Jika Anda menyimpan file-file alldeb yang pernah Anda gunakan, maka Anda bisa menggunakannya kembali untuk menginstall lagi aplikasi-aplikasi Anda setelah install ulang. Hemat waktu dan koneksi internet.

Cara Menggunakan Alldeb
Pertama, kita membuat terlebih dahulu offline installer nya dengan Alldeb Webmaker.
kalian bisa mengunjungi link
Alldeb Webmaker
Pilih kode rilis dan juga arsitektur sesuai yang kalian gunakan.
Selanjutnya kita cari nama aplikasi yang ingin dibuat offline installer.
Kalian bisa menggunakan url berikut :
PS : Saya menggunakan Ubuntu 14.04, jadi sesuaikan saja jika kalian menggunakan versi lain.

Setelah semua siap, klik "Buat file alldeb"
Tunggu hingga proses selesai, lalu download paket berekstensi .alldeb nya.

Langkah selanjutnya adalah tahap instalasi Alldeb manager.
Download file nya di homepage situs alldeb.net
Pilih yang sesuai arsitektur, 32bit atau 64bit.
Install paket .deb nya seperti biasa.
Setelah terinstall, buka Alldeb Manager, lalu cari file offline installer yang telah dibuat sebelumnya menggunakan Alldeb Webmaker.

Selanjutnya tinggal klik install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
Mudah bukan?
Jika ada yang belum jelas silahkan komentar di bawah.

Referensi :

Artikel Terkait Aplikasi ,Debian ,Ubuntu ,Utilities

1 comment:

  1. Ciri khas linux mulai tergantikan dengan GUI :v

    ReplyDelete