Perintah untuk Export atau Dump Database MySQL

Jumat, 08 November 2019

Perintah untuk Dump Database MySQL di Terminal Linux. Oke di tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana cara dump database MySQL atau MariaDB. Tujuan dump database sendiri bermacam macam, namun saya pribadi biasanya melakukan dump database untuk diunduh sebagai file backup jika sewaktu waktu server mengalami masalah.

Sebenarnya saya pernah membahas tentang bagaimana cara dump database di artikel perintah dasar MySQL. Namun saya buatkan artikel khusus disini karena sepertinya query pencarian untuk keyword ini lumayan banyak.

Untuk melakukan dump database pastikan kalian memiliki akses user ke server mysql. Perintah untuk dump database:
mysqldump -u username -p database > output.sql
Sebagai contoh disini saya ingin melakukan dump database tutorial_db menggunakan user tutorial. Disini user tutorial memiliki hak akses penuh ke database tutorial_db.
mysqldump -u tutorial -p tutorial_db > tutorial_db.sql
Selanjutnya masukkan password akun tutorial.

Opsi kedua adalah dump seluruh database dengan satu perintah. Namun untuk menjalankan perintah ini kalian harus menggunakan user yang memiliki hak akses penuh ke seluruh database, yang dalam hal ini biasanya dimiliki oleh user root.
mysqldump -u root -p --all-databases > semua_db.sql
Atau, kalian ingin output yang tersimpan dikompress terlebih dahulu dengan gzip. Maka perintahnya adalah
mysqldump -u tutorial -p tutorial_db | gzip > tutorial_db.sql.gz
Ok mungkin itu saja tutorial singkat kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Database ,MySQL ,Perintah Terminal ,Server